Zebra shovelnose

Zebra shovelnose (Brachyplatystoma tigrinum) yang juga dikenal dengan Pimelodis catfish ini merupakan ikan golongan catfish yang berasal dari bantaran sungai Amazon di Columbia, Peru dan brazil. Ikan catfish ini mempunyai warna tubuh kuning keputihan dengan stripe hitam yang sangat menarik dengan bentuk rahang atas yang lebih panjang dibanding rahang bawah.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Siluriformes
Family Pimelodidae
Genus Brachyplatystoma
Species Brachyplatystoma tigrinum

 

Tulang pada sirip punggung dan dada bersifat fleksibel dan tidak tajam. Zebra shovelnose mempunyai mata berukuran kecil dan kumis yang panjangnya dapat mencapai punggung. Semua sirip dan ekor bermotif stripe hitam putih, sedangkan kepala mulai hidung sampai punggung bagian depan berwana abu – abu polos tanpa stripe. Ikan ini hidup pada lingkungan yang mempunyai suhu 22 – 260C dan pH 6,5 – 7,5.

Zebra-shovelnoseZebra shovelnose merupakan ikan yang sensitif terutama dengan kandingan Nitrat yang tinggi, Jika kandungan Nitrat sudah di atas batas toleransi maka segera hentikan pemberian makanan dan ganti air tangki. Ikan ini membutuhkan kadar oksigen terlarut yang tinggi, sehingga gunakan filter yang besar pada tangki agar kadar oksigen terjaga. Zebra shovelnose cenderung karnivora yang dapat beradaptasi dengan makanan tak hidup, selain itu ikan ini terbiasa juga dengan makanan seperti udang, remis, tiram, ikan kecil dan cacing tanah.

Perbedaan ikan jantan dan betina sulit ditentukan begitu juga dengan teknik breeding yang belum diketahui. Zebra shovelnose bersifat nocturnal dan teritorial terhadap jenisnya sendiri ataupun jenis catfish besar lainnya. Pada habitat aslinya, ikan ini menghuni sungai dengan arus yang cukup cepat, sedangkan di aquarium menyukai lingkungan bersubstrat pasir, licin dan berair bersih. Sebagai ikan hias, ikan ini termasik golangan catfish yang termahal dan diburu banyak penghobi ikan hias air tawar. (zonaikan)