• -6.153636, 106.792756

Ciri-ciri Ikan Air Tawar Arus Deras

Ciri-ciri Ikan Air Tawar Arus Deras

Ciri-ciri Ikan Air Tawar Arus Deras

Seperti kita ketahui setiap makhluk hidup selalu beradaptasi dengan lingkungannya dimana dia tinggal, dimana setiap makhluk hidup akan menyesuaikan pola hidupnya sesuai dengan keadaan lingkungannya. Hal ini merupakan hal biasa pada kehidupan di bumi. Selain pada manusia, adaptasi juga berlaku untuk tumbuhan dan hewan. Ikan yang hidup di sungai yang berarus deras tentu sifat dan bentuk tubuhnya telah disesuaikan dengan kondisi habitatnya.

Ekosistem air tawar digolongkan menjadi air tenang dan air mengalir. Ekosistem air tenang meliputi danau dan rawa, sedangkan ekosistem air mengalir adalah sungai. Ikan air tawar berbeda secara fisiologis dengan ikan air asin dalam beberapa aspek. Insang mereka harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting, ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan. Karakteristik lainnya terkait ikan air tawar adalah ginjalnya yang berkembang dengan baik. Ginjal ikan air tawar berukuran besar karena banyak air yang melewatinya.

Berikut adalah pemaparan tentang ciri-ciri ikan air tawar yang hidup pada aliran air arus deras khususnya sungai.

1. Struktur Tubuh
Dari beberapa penelitian kecil yang kami lakukan dan ketahui, banyak ikan air tawar arus deras memiliki tubuh yang memanjang dengan bagian kepala yang tirus atau biasanya berbentuk torpedo. Ini dikarenakan kebiasaan mereka yang setiap saat hidup/berenang melawan arus deras. Sirip-sirpnya pun memanjang dan lebar, yang akan memberikan tenaga dorongan kuat disaat mereka berenang (melawan) arus deras.

2. Karakteristik/ Sifat
Agresif dan cepat saat berenang adalah ciri utama dari ikan air tawar arus deras. Seperti yang telah diuraikan di atas, dengan panjang dan lebar sirip-siripnya, kekuatan untuk berenang menjadi semakin besar dan kuat. Jadi bisa dikatakan kecepatan berenang ikan arus deras bisa lebih 2 kali lipat daripada ikan-ikan tawar (ikan kolam) lainnya. Ikan dengan ciri khas arus sungai deras banyak ditemui di sungai-sungai di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Dari sebagian cerita para mancingers, banyak mancingers yang ketagihan untuk mancing di sungai air arus deras ini, itu dikarenakan strike ikan jenis arus deras ini sangatlah kuat walaupun ikannya tidak terlalu besar, sungguh luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>