Jaring Insang (Gill Nets)

Jaring insang atau dalam dunia perikanan international lebih dikenal dengan nama “Gill Net” merupakan alat penangkap ikan yang berbentuk lembaran jaring empat persegi panjang dengan ukuran mata jaring (mesh size) yang sama besar dan dilengkapi dengan pelampung, pemberat, tali ris atas serta dengan atau tanpa tali ris bawah untuk menghadang arah renang ikan, sehingga ikan sasaran akan terjerat pada mata jaring atau terpuntal pada bagian tubuh jaring. Jaring insang mempunyai banyak sebutan (nama lokal) antara lain jaring insang, jaring senar, jaring sirang, jaring klitik, jaring puntal, jaring hanyut / nilon, jaring kantong.

Alat tangkap ini merupakan salah satu alat penangkap ikan yang ramah lingkungan dan selektif. Disebut alat tangkap yang ramah lingkungan, karena dalam pengoperasiannya alat tangkap ini tidak mengakibatkan pencemaran dan kerusakan pada lingkungan tempat alat tangkap ini beroperasi. Sedangkan dalam hal selektifitas, alat tangkap ini hanya menangkap ikan dengan ukuran tertentu tergantung besarnya ukuran mata jaring yang dipakai oleh alat tangkap ini sehingga dapat meminimalkan hasil tangkapan yang belum layak tangkap berdasarkan ukurannya.

Prinsip Penangkapan
Dalam pengoperasiannya jaring insang pada umumnya dipasang tegak lurus dipermukaan atau di dalam air, menghadang atau memotong jalur migrasi kawanan ikan sehingga ikan-ikan (kawanan ikan) yang melewatinya akan terjerat insangnya atau terpuntal. Jaring insang tergolong alat tangkap yang pasif yang dapat dioperasikan dengan menghanyutkan disepanjang lapisan permukaan air selanjutnya disebut jaring insang hanyut atau dipasang dibiarkan tetap berada disepanjang dasar perairan, kemudian disebut jaring insang dasar.

Klasifikasi Jaring Insang

1. Berdasarkan Letak Alat Dalam Perairan
Jaring insang dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu :
a. Jaring insang permukaan (surface gill net)

b. Jaring Insang pertengahan (midwater gill net)

c. Jaring insang dasar (bottom gill net)

2. Berdasarkan Kedudukan Alat Waktu Dipasang

a. Gill net hanyut
Gill net hanyut maksudnya adalah gill net yag setelah dipasang di suatu perairan, dibiarkan saja hanyut terbawa oleh arus. Dalam hali ini biasanya gill net diikatkan juga pada kapal yang tidak dijangkar, agar hanyutnya jaring tidak terlalu cepat dikarenakan arus.

b. Gill net tetap
Yang dimaksud gill net tetap adalah gill net setelah dipasang dari suatu perairan dbiarkan menetap pada gill net tersebut dipasang. Dalam hal ini kadang-kadang jaring diberi jangkar atau diikatkan pada suatu tempat yang tetap. Gill net tetap pada umumnya adalah jenis gill net dasar. Oleh karena itu, pengoperasian gill net ini memerlukan syarat yaitu dasar perairannya yang tidak berkarang.

3. Berdasarkan bentuk Alat Waktu Dioperasikan
a. Gill net melingkar
Gill net melingkar adalah jaring insang yang cara pengoperasiaannya dengan cara dilingkarkan pada sasaran tertentu yaitu kawanan ikan. Kawanan ikan tersebut dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu sinar lampu. Setelah kawanan ikan terkurung kemudian dikejutkan dengan suara (memukul-mukul bagian perahu) sehingga ikan akan tercerai berai dan tersangkut di jaring.

 b. Gill net mendatar

4. Berdasarkan Jumlah Lembaran Jaring

 a. Gill net tunggal
Yang termasuk klasifikasi gill net tunggal adalah gill net permukaan, gill net pertengahan, dan gill net dasar.

b. Gill net rangkap
1) Gill net rangkap dua (Jalapdu/ Double Nets)
Gill net rangkap dua merupakan jaring yang memiliki dua lapis dengan mata jaring besar pada lapis pertama dan mata jaring kecil pada lapis kedua. Seperti halnya gill net rangkap tiga, ikan-ikan tertangkap dengan cara terpuntal.

2) Gill net rangkap tiga (trammel net)
Gill net rangkap tiga (trammel net) juga biasa disebut jaring gondrong, jaring tilek, jaring kantong, jaring ciker, dan jatilap (jaring tiga lapis). Seperti namanya jaring ini terdiri dari 3 lapis, yaitu 2 lapis yang diluar memiliki mata jaring lebih besar sedang yang di dalam memiliki mata jaring yang lebih kecil dan dipasang agak longgar. Dalam pengoperasiaannya jaring ini dapat diset di dasar maupun dihanyutkan. Ikan-ikan yang tertangkap karena terpuntal (entangied).

4 Responses

  1. heriansyah says:

    Harga Jaring Insang (lengkap)
    1. Webbing (Lembaran Jaring) : – Bahan : PA Monofilament
    – Bentuk Ikatan : Double Knot
    – Mesh size 1 ¼ inci : Ø 0,28 mm 80 Set
    – Mesh size 1 ½ inci : Ø 0,28 mm 60 Set
    – Mesh size 1 ¾ inci : Ø 0,28 mm 10 Set
    – Mesh size 2 ½ inci : Ø 0,28 mm 20 Set

    – Bahan : PA Monofilament
    – Bentuk Ikatan : Triple Knot
    – Mesh size 3 inci : Ø 0,4 mm 50 Set
    – Mesh size 4 inci : Ø 0,4 mm 50 Set
    – Mesh size 4,5 inci : Ø 0,4 mm 30 Set
    – Mesh size 5 inci : Ø 0,4 mm 50 Set
    – Mesh size 6 inci : Ø 0,4 mm 50 Set

    2. a. Tali Ris atas dan Tali Pelampung : – Bahan : Polyethylene (PE) 160 Gulung
    – Ukura : Nomor 4
    – Warna : Biru/Hijau

    b. Tali Ris bawah dan Tali Pemberat : – Bahan : Polyethylene (PE) 160 Gulung
    – Ukura : Nomor 3
    – Warna : Biru/Hijau

    3. Pelampung – Bahan : Polyvinil Clorida (PVC) 10.000 Bh
    – Ukuran : Y – 2

    4. Pemberat – Bahan : Timah 1.000 Kg
    – Bentuk : Lempengan

  2. zanan says:

    Berapa Harga Jaring Insang 2.5” 4 piece

  3. zamani says:

    As Salam..

    1. diamana sy boleh dapatkan jaring/pukat (3 lapis).
    2. brape harganya siap dengan poslaju @ kiriman barang.
    3. mohon dan saya ingin tahu..?
    – ada buatan pistol ikan saiz yang sederhana.

  4. Ifey cayang says:

    Berapa harga jaring rangkap 3 dan di mana saya bisa mendapatkannya terimakasih tolong balasan kirim ke email saya atau bisa ke akun fb saya “Ifey cayang” terimakasih