• -6.153636, 106.792756

Kebiasaan Makan Ikan Mas

Kebiasaan Makan Ikan Mas

Kebiasaan Makan Ikan Mas

Ikan yang satu ini memang menjadi salah satu favorit dalam pemancingan, tidak sedikit dari pemilik kolam yang tetap menjadikan ikan ini menjadi primadona di kolam pancing dan oleh sebab itulah banyak lomba yang bertajuk dengan menggunakan ikan mas ini seperti; Galatama Ikan Mas, Lomba Harian Ikan Mas dan lain-lain.

Untuk itulah mengetahui karakter ikan, perkembangbiakan, habitat dan kebiasaan makan sangat diperlukan untuk menentukan umpan, mengetahui waktu makan, selera makan dan sebagainya. Sehingga bisa meminimalkan hasil yang kurang baik pada saat lomba.

Ikan Mas masuk golongan omnivora dan sangat rakus. Ia gemar mengaduk-aduk dasar perairan untuk mencari makan. Makanan alaminya meliputi tumbuhan air, lumut, cacing, keong, udang, kerang, larva serangga dan organisma lainnya yang ada di perairan baik yang terdapat pada dasar perairan, pertengahan maupun permukaan air.

Sedangkan pakan buatan diperkenalkan oleh manusia pada Ikan Mas di kolam budidaya, kolam pancing dan pada tempat-tempat dimana manusia membuang sisa makanan. Pakan buatan (umpan) dibuat manusia dengan cara meniru aroma atau bentuk dari pakan alami. Umpan tersebut terus berkembang seiring dengan hasil yang didapat di kolam pada saat lomba, gagal dengan umpan yang satu, ganti dengan umpan racikan lain terus begitu sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Agar membuat ikan tertarik, umpan yang diracik seharusnya dibuat semirip mungkin dengan pakan asli dari ikan mas tersebut. Akan tetapi karena ingin mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi, para pemancing terus bereksperimen membuat umpan baru yang memiliki aroma khas dengan bahan campuran keju, susu, telur, mentega dan lain-lain. Dengan harapan mendapatkan ikan lebih banyak lagi.

Ikan mas memiliki cara makan yang cukup unik yakni dengan membuka mulutnya lebar-lebar dan kemudian menyedot makanannya seperti alat penghisap. Jadi umpan berstruktur lembut dengan bentuk partikel kecil sangat cocok untuk Ikan Mas. Tetapi dalam kondisi nafsu makan yang tinggi, apapun yang dianggapnya makanan akan dihisap kemudian dicicipi dan yang bukan makanan akan dibuang kembali dengan cara disemburkan.

Tentunya pola makan ini merupakan petunjuk berharga bagi pemancing ikan mas, karena sangat membantu dalam pendeteksian sambaran menggunakan pelampung dan membantu dalam menentukan titik lontaran.

Ikan Mas cenderung galak mencari makan di pagi hari saat sinar matahari menghangati perairan dan menjelang sore hari. Jadi saat-saat tersebut juga dapat menjadi acuan kapan Ikan Mas mencari makan. Sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi pola makan Ikan Mas adalah kandungan oksigen pada air, tingkat keasaman, tingkat kejernihan air dan kondisi kesehatan ikan itu sendiri.

Sumber : MancingInfo

4 thoughts on “Kebiasaan Makan Ikan Mas

  1. frans alexander

    Saya baru baca artikel “kebiasaan makan ikan mas”…. beberapa faktor yang mempengaruhi pola makan Ikan Mas adalah kandungan oksigen pada air, tingkat keasaman, tingkat kejernihan air dan kondisi kesehatan ikan itu sendiri.
    yg jadi pertanyaan saya berapa standart kandungan oksigen pd air (BOD) dan tigkat keasaman?
    dan pengaruh pada umpan (essen) gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>