• -6.153636, 106.792756

Manfaat Memancing

Manfaat Memancing

Manfaat Memancing

Memancing merupakan hobi yang menyenangkan, namun sebagian orang ada yang mengatakan hobi ini adalah hobi orang yang pemalas. Apapun sentimen negatif orang-orang terhadap hobi memancing, hobi ini tetap banyak manfaatnya lho. Banyak alasan yang menyebabkan para mancing mania rela harus duduk berjam-jam di tempat pemancingan, sungai, danau, atau laut, menunggu umpan disambar ikan. Meski hasil tangkapan yang dihasilkan mungkin tidak akan lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan.

Banyak pemancing mania yang rela mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan memancing, jika dibandingkan dengan hasil ikannya pastilah akan jauh sekali harganya. Pemancing mania adalah tidak kenal menyerah dalam menggeluti dunia mancing dengan menaklukan ikan-ikan buruannya.

Ada banyak orang Memancing yang lebih dari sekedar hobi. Memancing adalah salah satu cara untuk bersantai dan menikmati hidup Anda karena ada hal-hal istimewa yang bisa kita rasakan di alam liar itu bila berada di tengah laut ketika memancing. Rasa itu mampu menghilangkan stress setelah seminggu panjang berada di kantor. Dari anak-anak sampai orang tua, memancing adalah cara sempurna bagi Anda untuk menikmati apa yang ditawarkan oleh alam. Tinggalkan stres di rumah dan datang ke dalam dunia pemancingan setidaknya hanya untuk sesaat akan bisa memberi dampak positif bagi anda terutama untuk menstabilkan emosi.

Berikut ini beberapa manfaat dari hobi memancing:

1. Memancing adalah hobby yang menyenangkan: Dengan memancing, orang dapat merasakan mendapatkan pengalaman menarik ikan dimana saat inilah saat paling mengesankan bagi para pemancing mania. Saat ikan mulai menyambar dan dengan ketrampilan yang dimiliki akhirnya pemancing bisa menariknya maka ada kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Setiap pemancing hampir bisa dipastikan memiliki pengalaman yang tidak terlupakan sepanjang perjalanan memancingnya yang bisa di kenang bahkan untuk berbagi cerita dengan orang lain.

2. Memancing akan mendapatkan manfaat kesehatan: Memancing juga merupakan sarana olahraga, bagi pemancing mania seperti anda olahraga memancing akan memberikan aktifitas fisik yang cukup berhasil, melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktifitas fisik lainnya sehingga anda mendapatkan kesehatan.

3. Memancing dapat mengobati stress: Para pemancing mania pasti sudah tahu bahwa aktifitas memancing dapat menghilangkan kepenatan di pikiran, mengurangi perasaan bosan dari seminggu penuh anda beraktifitas di kantor, bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligus menghilangkan stress yang mungkin sedang mendera anda.

4. Memancing dapat melatih kesabaran: Pemancing mania biasanya adalah orang yang sabar. Lho kok bisa? Memancing seperti memberikan terapi, memberikan efek sabar dalam sebuah usaha mencapai sesuatu yang diinginkan. Memancing pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, berjam-jam anda harus menunggu umpan anda dimakan ikan, berkali-kali anda mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan anda. Memancing juga bisa diterapkan pada anak-anak sebagai sebuah permainan yang melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Orang yang hobi mancing lebih sabar daripada orang yang tidak hobi terbukti dengan sabarnya menunggu ikan nyangkut di kail yang mungkin menghabiskan waktu berjam-jam.

5. Memancing dapat meningkatkan konsentrasi/fokus: Selalu fokus/penuh konsentrasi saat pertama kali melempar kailnya hingga kail itu disambar ikan. Dalam melakukan perlawanan dengan ikan pun dibutuhkan konsentrasi yang tinggi hingga ikan menyerah. Dalam memancing terdapat berbagai macam teknik mancing, dan untuk bisa memancing dengan baik dibutuhkan konstentrasi penuh untuk bisa menguasai dan mengaplikasikan teknik tersebut.

6. Memancing dapat memperluas pergaulan: Memancing bisa memperluas pergaulan dan memperbanyak teman. Karena para pemancing akan sering bertemu dengan pemancing lainnya dalam suatu event atau lomba mancing yang membuat mereka bisa berbagi pengalaman seputar hobi yang mereka geluti itu.

Selamat memancing!


One thought on “Manfaat Memancing

  1. hendrik

    Saya setuju dengan memancing melatih kesabaran, apalagi tetangga sudah strike terus sedangkan kita boro boro strike , umpan saja tidak diendus, sabar sabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>