Spot Mancing Laut

Banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam memancing, teknik mancing yang bagus, piranti yang memadai dan kondisi badan yang sehat belum cukup dikatakan sebagai syarat kesuksesan dalam memancing. Satu hal yang jangan pernah kita lupakan adalah kepandaian dalam mencari spot mancing. Kemampuan mencari spot mancing yang bagus, biasanya akan didapat dengan sendirinya seiring dengan banyaknya jam terbang dalam memancing.

Ada beberapa tanda alam yang dapat kita gunakan sebagai petunjuk untuk menemukan spot-spot mancing yang bagus di laut lepas selain menggunakan teknologi tentunya seperti Depth Sounder atau GPS.

1. Burung Laut

Burung yang beterbangan di atas laut merupakan indikasi bahwa disana banyak terdapat ikan-ikan kecil diperairannya. IKan kecil merupakan makanan bagi burung camar, pelikan dsb. Ikan kecil juga merupakan mangsa bagi ikan2 yang lebih besar tentunya. Jadi dapat dipastikan bahwa jika disana terdapat ikan-ikan kecil maka di dasar laut pastilah terdapat banyak ikan-ikan besar.

2. Karang Laut atau Atol

Suatu tempat dangkal ditengah laut yang biasanya dipakai oleh ikan-ikan untuk berlindung dari arus laut yang kuat, sekaligus menjadi tempat makan dan tinggal mereka.

3. Jurang Laut atau Tubiran Laut

Biasa dikenal dengan sebutan drop off sering membawa arus naik yang diikuti dengan terbawanya plankton-plankton yang merupakan makanan ikan laut.

4. Gunung Laut

Karang laut yang tinggi hingga meyerupai gunung laut atau Sea Mount Reef adalah gundukan mirip gunung yang berfungsi menahan arus laut yang membawa plankton dan juga merupakan tempat tinggal ikan untuk berlindung dari arus laut yang kuat. Banyak pemancing yang berpendapat bahwa ditempat ini ikan laut lebih bervariasi baik ikan dasar maupun ikan pelagis.

5. Sampah Kayu

Batang kayu yang hanyut seringkali membawa plankton dan ikan-ikan kecil yang menjadi santapan ikan-ikan besar. Bangkai kapal karam sering dipakai sebagai tempat tinggal ikan.

Pencarian spot mancing yang ideal tidak lepas dari banyak faktor yang berperan seperti teknik mancing yang akan digunakan, peralatan dan perlengkapan mancing, kondisi air, arus, ombak dan angin, dan lain-lain. Jika pemancing sudah sadar dan terbiasa membaca faktor-faktor ini, akan mudah bagi pemancing menentukan lokasi atau spot yang tepat untuk memancing dan hasilnya pasti akan memuaskan.


.

2 Responses

  1. benni candra says:

    spot mancing okee..perlu tambahan info mengenai tekhnik memancing dilaut dan info peralatan pancing yg tdk terlalu mahal tapi berkualitas memadai.