Teknik Mancing Hampala

Teknik Mancing Hampala

Ikan Hampala (Hampala Macrolepidota) terkenal memiliki tenaga luar biasa. Saat terpancing akan terus berlari bagaikan terpedo. Itukah nikmatnya mancing hampala. Berikut ini kami uraikan rahasia mancing ikan yang termasuk dalam family Cyprinidate alias suku karper-karperan ini. Siapa tahu trik ini bermanfaat bagi anda.

1. Kenali Lubuknya
Ikan hampala suka tinggal di sungai yang beraliran deras dengan tepian dangkal dan berpasir. Di lokasi itu, biasanya banyak ikan-ikan kecil sebagai makanannya dan juga banyak makanan yang hanyut. Selain sungai ikan hampala juga berada di dam atau waduk. Ciri lokasi yang di gemari adalah daerah berpasir atau berbatu kerikil.

2. Menyiapakan Alat Pancing
Joran, Pilih panjang joran antara 1,5 m – 2,5 m, ringan dan berujung lentur. Joran dan ril yang ringan dan lentur membuat kita mudah utuk casting.

Ril sebaiknya kelasnya sama dengan joran, dengan batalan roda 3 atau lebih. Pilihlah yang berjenis ringan supaya tidak terlalu memlemahkan.

Ada banyak merk kenur, pilihan yang kuat dengan ukuran sesuai dengan kelas joran atau ril. Bisanya yang d pakai adalah kelas 4 lbs, jangan memakai kenur telalau kecil karena resiko putusnya besar. Kenur terlalu besar juga kurang bagus karena jarak lempar menjadi pendek.

Untuk umpan, pakailah plug yaitu umpan buatan yang menyerupai ikan kecil. Pilih ukuran plug dari sebesar jari manis orang dewasa hingga seukuran jempol. Selain plug juga bisa dipancing menggunakan popper kecil.

Perlengkapan tambahan seperti rompi bersaku banyak yang di gunakan untuk tempat berbagai piranti mancing seperti kili-kili, pisau, gunting, tang, cadangan kail, sampai dengan korek dan rokok.

3. Saat Yang Tepat
Setelah semua mengenal lokasi dan persiapan piranti sudah oke, maka baruklah kita berburu ikan hampala dengan musim dan yaktu yang tepat. Musim kemarau merupakan musim yang tepat untuk memburu hampala. Salain pinggir sungai tidak becek, air sungai/ waduh jernih sehingnga kita bisa melihat langsung ikan itu ada atau tidak di pinggir sungai. Faktor lain yaitu pada musim kemarau adalah masa hampala memijah. Ikan induk hampala akan menepi untuk bertelur di daerah dangkal dan berpasir. Nah, mancing di saat itulah sangat menjanjikan.

4. Mainkan Plug Anda
Setelah mengenal saat yang tepat, sekarang giliran mengail hampala dengan menggunakan plug. Pertama amatilah lubuk hampala secara cermat. Jika anda sudah mengetahui cobalah mendekati dengan berjalan kaki tanpa menimbulkan suara.

Lemparkan plug anda diantara barisan hampala. Tarik plug anda. Berenangnya plug di air membuat hampala gusar dan ingin mengusirnya dengan menyambar plug tersebut. Setelah mulutnya tersangkut kail, usahakan agar ikan tidak lepas saat bertarung. Jika sampai lepas ikan hampala di daerah itu tidak mau lagi makan umpan plug anda.

Jika anda mancing tidak sendirian, ajak teman anda juga melemparkan plug di belakang umpan anda yang termakan tadi, karena hampala lain juga akan menyambar plug tersebut.

You may also like...

21 Responses

  1. rafdi says:

    tolong donk kasih tau spot hampala untuk sungai kampar dan sekitarnya. soalnya sampai saat ini saya belum pernah strike dengan ikan yang satu ini . sangat buat penasaran artikel tentang hampala ini .
    Trims Rafdi di Pku HP.081275227722

  2. icoel says:

    artikel yang bagus…

    mohon pencerahan..

    PLUG itu apa yah???
    apakah PLUG=SPOON…???

    di foto tersebut ikan Hampalanya tidak sama dengan ikan Hampala di daerah saya (medan) ada list merah di badan dan ekornya..

    ini ikan Hampala daerah mana yah??? apa sama speciesnya dengan Hampala yg ada didaerah saya???

  3. pepenk says:

    bang mau nanya spot mancin hampal d kab.kendal mungkn ada zng tau ? Tolng infonya ?

  4. Umpan plug yg gimana cocok mancing di perairan aceh?

  5. doni iskandar says:

    wah emang nikmat bang klo lagi bertarung melawan ikan hampala, da usul nih klo ga mau ma pumpan buatan pake aja cacing gelang umpannya atau ikan hidup yang kecil , pernah akau coba dan hasilnya . mantap…..

  6. Pemancing jg sayang istri says:

    Bang bsa tlg kash info untk mancing ikan hampala ato ikan apa aja yg pnting di spot liar di daerah medan,.
    Mksh sblmya.
    Salam strike

  7. Asep irin says:

    aduh mantap memancing aSik walau jarang menang yg penting senang ha ha ha ha …

  8. Taurus says:

    kalau di tempat saya diperkebunan sawit…biasa pake brondolan sawit,,,manjur tuh ,,,boleh dicoba.

  9. PAPIULIFIRA says:

    ditempat saya lebakbarang kab.pekalongan hampala biasa disebut ikan kemprung..emang tarikannya ganas sekali shg menimbulkan kepuasan, umpannya pke pelet, ikan kecil atau cacing, tp hampala yg besar (1 kg keatas) biasanya terpancingnya kl mlam hari, siang qta paling dapat gede2nya satu lengan..

  10. jawer says:

    belum lama ini ane mancing di jati luhur,dapet hampala,umpannya pakai lumut,emang tarikaanya matabs.itu ga sengaja,,,karena tujuannya sih mancing ikan nila.kapan kapan coba pakai plug ah.fotonya ane abadikan di blog ana bro_http://maniaxmancing.blogspot.com

  11. Tyo says:

    Gan mnta bntuannya dong…didaerah sya purworejo ada bnyak ikan palung..tp airnya nggak mengalir cuman dalem walaupun musim kemarau?sya sdh coba pake umpan lure tp tetep ja nggak disambar2 tu lurenya?gimna cranya biar strike palungnya gan?mhon dibls gan…
    Trima kasih…?

    • Admin says:

      @Pak Tyo : Memang agak menyebalkan pada saat mancing kalau umpan yang kita pasang tidak disambar2 ikan ya.. Supaya bapak mendapatkan jawaban yang memuaskan, kami sarankan agar bapak bergabung dengan forum mancing kami di http://www.iftfishingforum.com. Disana nanti bapak bisa bertanya-tanya soal mancing, termasuk soal mancing ikan palung ini. Di jamin bapak pasti akan mendapatkan jawaban yang lebih detil dari anggota forum. Daftarnya gratis lho pak.. Terima kasih.

    • Roy says:

      Pake umpan terapung. Merk shian sheng. 10 ribu aja. Mantap!

  12. Sukmo80@yahoo.com says:

    kalau umpan asli apa bossss baiknya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, udang /cebong.

  13. arell says:

    boz disungai kali oyo jogja banyak hampala tlg kasih tips mancignya dan umpanya

  14. PAPIULIFIRA says:

    kemaren di musim kemarau ktk air kecil, ikan hampala yg besar bnyk terpancing di kedung2 yg dalam..namun ketika ml dtg musim hujan dan banjir..eh ikan2 itu kaya pd ilang, susah sekali dptnya…yg ukuran 3 jari aja susah apalgi yg kiloan..knp tu bang ? apa ikannya pd pindah tmpat lain krn banjir ? trims infonya

  15. borneo angler says:

    siang td sy br dpt dua ekor hampala lumayan kira2 0,75 satu ekornya.. tp disini justru sungai br banjir dan banyak eceng gondok yg larut disitu sy lempar mino dan sihampala langsung nyambar dng buasnya.. jd gimn nih teorinya..

  16. serdadu sekarat says:

    @ papiulifira
    mulane ora usah masangi kala…
    ngabdi set men oleh kiloan…
    wk..wk..wk..

  17. bujang_ndung says:

    bener banget kata pak min,,,, hampala or sebarau emang mantab tarikannya apa lagi yang bobotnya ud mencapai 2 kg… ruarrrrrr biasa dechhhh…. heheheeh… emang sih lain lubuk lain ikannya,,, di tempatku (lampung) mancing hampala cukup pake udang hidup gan… jarak antara mata kail dengan pemberat di buat agak panjang kira-kira 40 cm… silahkan di coba ….

  18. baguz dewe says:

    Emang enak om mancing ikan hampala ini, strikenya berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>