Fly Rod Untuk Pemula

Fly Rod Untuk PemulaMemilih joran fly fishing tidaklah rumit. Sama seperti saat memilih joran untuk teknik mancing yang lainnya. Ada banyak pilihan dan merk tentunya tetapi pada dasarnya ada tiga hal yang harus diperhatikan secara khusus yakni rod “weight”, panjang joran dan action joran. Untuk mengawali belajar fly fishing, rod “weight” yang paling fleksibel adalah nomor 6-7 karena selain bisa dipakai untuk freshwater, joran nomor ini juga masih bisa dipakai untuk mancing spesies saltwater ukuran kecil. Kecuali Anda akan fokus pada freshwater fishing maka joran nomor 5-6 bisa dijadikan pilihan utama Anda.

Panjang joran fly fishing yang tersedia di pasaran antara 7 sampai 10 feet. Paling banyak diproduksi adalah yang 9 feet. Untuk memilih panjang joran yang tepat kita perlu mengingat kondisi mancing yang kemungkinan besar akan sering kita temui. Jika areal mancing yang akan sering dituju banyak sangkutan baik semak ataupun bangunan, maka joran yang pendek lebih cocok. Joran pendek juga lebih ringan sehingga pemancing tidak mudah lelah.

Konsekuensinya jarak kasting dengan joran pendek menjadi tidak begitu jauh. Begitupun sebaliknya. Jika areal mancing kita cenderung terbuka atau lapang dan tidak banyak sangkutan maka joran yang panjang lebih cocok. Memang joran panjang lebih berat tetapi jarak kastingnya pun bisa lebih jauh. Paling aman adalah memilih joran yang panjangnya 9 feet yang cenderung bisa digunakan dimana saja.

Piranti yang pas akan membantu pemula di fly fishing lebih cepat mempelajari teknik ini. Fly rod ada yang 2, 3, 4 dan bahkan 5 section. Secara performance banyaknya section tiap joran sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada performa joran. Hanya saja untuk kepraktisan joran yang terdiri dari 3 atau 4 section memang lebih unggul karena bisa dibawa kemana-mana dengan lebih mudah. Joran dengan section 3 atau 4 juga sangat cocok untuk memancing ikan-ikan kecil di perairan tawar. Sementara joran dua section lebih pas jika digunakan di estuary dan saltwater dimana ukuran dan tenaga ikan cenderung lebih besar.

Mengenai action joran. Ada tiga jenis action yang dimiliki oleh fly rod, yaitu :  slow, medium, dan fast.

Slow action rods jika terkena beban akan melengkung di bagian yang dekat dengan fly reel. Istilahnya dalam fly fishing adalah “whippy”. Joran jenis ini tidak bisa diharapkan untuk menghasilkan jarak kasting yang jauh. Lalu medium action rods akan melengkung di tengah-tengah joran.

Fast action rods atau yang juga disebut “stiff” jika mendapat beban akan melengkung di sepertiga bagian ujung joran. Joran fast action memiliki lifting power yang besar dan juga mudah menghasilkan jarak kasting yang jauh. Secara umum pemula harus memilih fast action rod karena selain mudah dipakai kasting jarak yang dihasilkan pun cukup jauh.

Bahan joran saat ini kebanyakan telah dibuat dari bahan graphite yang terkenal sangat kuat, ringan dan juga sangat akurat saat dipakai kasting. Tentunya joran ini juga sangat cocok untuk pemula. Yang juga harus diperhatikan saat membeli joran adalah garansi yang ditawarkan oleh pembuatnya. Membeli joran murahan mungkin terlihat lebih ekonomis tetapi sebenarnya tidak demikian.

(mancingonline)

1 Response

  1. Bagus sekali Ulasanya,