Korang / Koja

Keberadaan alat yang satu ini memang tidak begitu menonjol diantara piranti mancing, tapi fungsi dari alat ini tidak kalah penting dari piranti mancing lainnya bahkan bisa dibilang sangat penting. Korang atau koja (keep net) adalah tempat penyimpanan ikan sementara yang berguna untuk menaruh ikan yang didapat selama melakukan kegiatan mancing. Bayangkan jika dalam suatu kegiatan mancing anda tidak memiliki atau lupa membawa korang dari rumah, tentunya akan kerepotan sendiri nantinya apabila anda mendapatkan ikan.

Bentuk dan ukuran korang bermacam-macam ada yang kecil hingga yang besar. Untuk ikan mas semua jenis korang dapat saja dipakai. Jalinan tali pada korang juga bermacam-macam ada yang jarak tali yang satu dengan yang lainnya jarang-jarang dan ada juga yang agak rapat semuanya tergantung kebutuhan kita.

Apabila ikut lomba mancing ikan mas, sebaiknya gunakan korang ukuran besar berbentuk seperti karung dengan leher korang yang agak panjang. Korang seperti ini mampu menampung banyak ikan dan dapat memuat Ikan Mas ukuran besar.

Jika anda memiliki korang yang ukurannya panjang tapi tidak dilengkapi pemberat, masukkan saja sebuah batu agar ujung korang tetap di dasar. Korang yang naik karena arus air atau terbawa ikan yang ada di dalamnya dapat mengganggu saat pemancing tengah menaklukan ikan atau malah dapat mengusir ikan yang berkeliaran dekat dengan korang.

Biasakan untuk memeriksa korang sebelum berangkat mancing siapa tahu terdapat lubang karena gigitan hewan pengerat dan sebagainya, hingga ikan yang telah ada di korang itu dapat lolos keluar.

(mancing.info)