Pemilihan Warna dan Karakteristik Metal Jig

Memilih Warna Metal Jig
Tahukah anda bahwa metal jig memiliki aneka ragam warna dan bentuk yang indah?

Suatu metal jig yang berbeda warna tentu memiliki akibat berbeda ketika di dalam air; berdasarkan bagaimana cahaya menembus air. Banyak sekali macam hal yang berdampak pada kedalaman/ persamaan warna jig. Saat cerah atau saat berawan, posisi matahari (waktu hari), hari tenang atau hari berombak, dan warna air.

Kemudian, yang perlu untuk diselidiki adalah ; mengetahui jenis ikan. Anda akan memancing ikan apa, di daerah yang mayoritas ada ikan apa saja di dalamnya, adalah penting. Lalu pikirkan sekali lagi, apakah mereka termasuk ikan predator malam atau ikan predator siang.

Hal ini pasti akan menjadi perhatian pertama Anda dalam memilih warna. Sebab metal jig merupakan kail pancing yang utama juga. Pada malam hari Anda perlu sesuatu yang akan menarik perhatian ikan lebih cepat. Dan pada siang hari, memilih warna corak yang baik sangat perlu untuk menarik perhatian.

Memilih Metal Jig
Di bawah ini adalah perkiraan kasar saja mengenai keefektifan suatu warna metal jig terhadap kedalaman. Tentunya nanti teknik jigging anda pada kedalaman ini tidak diatur dalam ukuran meter yang tepat, hanya perkiraan. Semua ini hanyalah panduan secara kasar saja. Kedalaman Laut Berpengaruh dalam Memilih Metal Jig.

Metal Jig Yang Jitu
Pada laut yang dalam warna jig sangat menentukan dikarenakan efek dari sinar matahari yang dapat ditangkap oleh metal jig.

  • Fosfor akan bekerja maksimal di saat malam hari atau di kedalaman lebih dari 120 kaki
  • Chrome atau Silver akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 120 kaki
  • UNGU akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 120 kaki
  • BIRU akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 100 kaki
  • HIJAU akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 80 kaki
  • KUNING akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 60 kaki
  • ORANGE akan bekerja maksimal pada kedalaman0 – 45 kaki
  • MERAH akan bekerja maksimal pada kedalaman 0 – 30 kaki

Karakteristik Metal Jig
Ketahuilah bahwa umpan metal jig adalah yang terbaik di antara yang terbaik dari semua umpan pancing. Pendeknya, setelah manusia membuat kail pancing dari kayu, batu dan tulang, lalu ia menemukan jig.

Kita semua sudah menerima suatu kenyataan bahwa “sesuatu yang mengambang naik turun di dalam air” ternyata mengganggu konsentrasi berpikir ikan. Sebab gerakan/ goyangan/ jigging tersebut juga mengalirkan suatu arus yang menggoda ikan. Ikan akan berpikir bahwa itu adalah sebuah makanan yang mudah digapai.

Untuk mendukung penggunaan metal jig, maka joran pancing yang panjang juga perlu. Apalagi bila anda berada di atas kapal dan memancing di perairan yang agak dalam. Hal ini akan membantu anda bermain-main dengan naik-turunnya jig anda. Sebab joran panjang akan memudahkan permainan anda. Kalau bisa upayakan menggunakan metal jig yang bisa memantulkan cahaya yang baik.

Pemilihan Metal Jig Yang Tepat
Bila anda memancing di tepi, seperti pantai atau tebing yang rendah, anda perlu metal jig yang lebih berat agar anda dapat melontarkannya sejauh mungkin. Begitupun bila anda memancing di perairan yang dalam, lebih dari 120 feet.

Pilihlah warna kesukaan anda ketika berbelanja di toko pancing. Tetapi warna yang baik adalah sesuai dengan kedalamannya. Ingatlah bahwa kerja dari metal jig tidaklah perlu terlalu banyak getaran seperti swimbait. Hindari metal jig warna coklat atau krem.