Perawatan dan Penyimpanan Lure

Agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka perawatan dan penyimpanan lure menjadi suatu hal yang wajib bagi seorang pemancing. Keuntungan dari sebuah artificial lure adalah dapat dipakai berulang kali dalam jangka waktu yang relatif lama. Tetapi beberapa type lure dapat rusak dengan cepat kecuali bila dibersihkan dan disimpan dengan benar ketika tidak digunakan. Hal ini terutama terjadi pada lure yang terbuat dari logam, yang biasanya tidak hanya terdiri dari satu macam logam saja, melainkan terdiri dari campuran beberapa logam lain yang lemah terhadap efek galvanisasi yang menyebabkan karat.

Artinya, beberapa bagian lure terutama pada bagian kailnya, akan cepat berkarat kecuali air laut yang masih menempel padanya sudah dicuci dengan bersih. Langkah terbaik adalah merendam semua lure dan trace yang telah dipakai dalam air bersih. Kemudian bersihkan dengan lap dan jemur tapi tidak dibawah sinar matahari langsung. Setelah kering semprotlah bagian-bagian lure yang terbuat dari logam dengan menggunkan CRC atau WD40. Simpan dan pisahkan alat- alat baru dari yang lama yang pernah digunakan. Hal ini agar mencegah kontaminasi dari lure lama yang telah diergunakan terhadap lure / alat-alat yang belum pernah digunakan.

Periksa kerusakan
Putuskan, apakah kerusakan yang terjadi terhadap lure perlu diganti ataukah cukup dengan hanya memperbaikinya saja. Ingatlah bahwa dengan mengabaikan hal-hal kecil seperti ini, kesempatan strike ikan besar akan menghilang.
Menyimpan dengan rapi merupakan suatu hal yang penting. Kebanyakan lure yang bersifat keras (hard lure) mempunyai reputasi yang kurang baik dalam menghasilkan strike, hal ini akan semakin diperburuk jika kail pada lure tersebut sudah berkarat atau bengkok dan tidak sesuai dengan bentuk aslinya. Sebelum menyimpan peralatan periksalah kerusakan dan pikirkan juga cara untuk memperbaikinya.

  • Bengkok, Lurus dan Karat pada kail, bila kail sudah bengkok atau lurus atau tidak sesuai dengan bentuk aslinya, lebih baik jika diganti dengan yang baru. Bila belum berkarat betul atau agak tumpul bisa di ampelas dan dikikir agar kembali tajam. Namun kekuatan mata kail akan berkurang.
  • Karat, dan kusut pada Trace dan karat pada tali kawat baja (sling), lebih baik dibuang dan diganti dengan membuat yang baru.
  • Luka, lecet, Tersimpul pada monofilament, lebih baik digunting dan dibuang. Bila kusut masih bisa diurai, urailah.
  • Luka, Lecet, Tergores dan kerusakan pada badan lure akibat gigitan ikan, lure yang terbuat dari plastik, kayu dan logam harganya mahal, maka langkah terbaik adalah memperbaikinya jika ada kesempatan. Dempul fiberglas bisa digunakan untuk menambal dan mengisi luka gores pada badan lure. Pengecatan ulang bisa diberikan dengan memakai cat kuku clear, atau cat mobil.

Pastikan lure dan trace tersimpan ditempat yang kering, bila disimpan sembarangan trace dan mata kail akan saling tersangkut dan menjadi kusut. Gulung trace pada sebuah benda berbentuk lingkaran. Makin besar diameternya maka akan semakin baik, sebab diameter besar akan mencegah trace dan tali menjadi keriting.

(mancing-soroako)

2 Responses

  1. keanu 1+8 says:

    nice info. ….
    jadi nambah ilmu neh..
    #salam hentak#
    *akeh konco akeh rejeki*

  2. yoedi laskar nusakambangan says:

    nice info B-)

    *banyak temen banyak rejeki*