Seser/ Serokan (Landing Net)

Seser atau serokan (landing net) merupakan peralatan pancing tambahan yang diperlukan jika mengikuti lomba mancing atau mancing di perairan alami. Seser berfungsi untuk menyerok ikan yang berhasil kita taklukkan untuk kemudian kita angkat ke darat. Dengan seser, pemancing mengurangi resiko putusnya kenur atau patahnya joran akibat mengangkat secara langsung ikan yang didapat. Alat ini juga mengurangi resiko lepasnya ikan kembali ke perairan ketika pemancing mencoba menangani ikan yang terangkat.

Penggunaan seser yang benar adalah setelah dirasa tenaga ikan telah terkuras kemudian kepala ikan telah berada di atas air (mendongak) selamkan seser dan raih ikan dari arah bawah. Hindarkan menyeburkan seser pada saat ikan belum terlihat walaupun ikan tersebut sudah ada dekat pemancing, karena saat itu tenaga Ikan Mas masih besar dan turunnya serokan akan menyebabkan ikan terkejut dan berontak dengan sekuat tenaganya.

Pilihlah seser yang berbatang besi stainless berongga yang ringan dengan diameter lingkaran kira-kira 50 cm dan jaringnya dari tali kenur plastik yang kuat. Karena setiap empang mempunyai jarak tinggi yang berbeda antara permukaan air dengan daratan atau lapak, maka seser tersebut sebaiknya memiliki gagang sepanjang 70 cm. Apabila memungkinkan carilah yang gagangnya dapat diatur panjangnya. Bila ingin yang praktis, dapat juga dicari seser yang dapat dilipat, seser seperti ini bagian seroknya berbentuk segitiga.

(sumber: www.mancing.info)