Snap / Peniti

Peniti merupakan acessories pelengkap yang digunakan dalam memancing, fungsi penggunaan peniti adalah untuk mempercepat pemasangan jika ingin mengganti lure atau hook saat memancing.

Peniti terbuat dari bahan kuningan, stainless steel, dengan finishing nickled, polished dan black nickled dan umumnya untuk pemasangan ditempatkan berpasangan dengan kili-kili.

Jenis-jenis Snap
Snap terdiri dari berbagai model dan bentuk, tapi umumnya fungsi penggunaannya sama. Ukuran untuk snap umumnya dari no. 000 – 6.

Jenis-jenis snap antara lain:

Pemakaian Snap Untuk Kolam dan Laut
Peniti yang umum dipakai di kolam/empang adalah peniti jenis safety snap, interlock snap, hooked snap, sedangkan dalam suatu perlombaan yang diadakan di kolam, peniti yang umum dipakai adalah galatama snap, karena dalam perlombaan dibutuhkan kecepatan dalam pengggantian mata pancing.

Untuk pemakaian di laut peniti yang umum dipakai adalah peniti jenis fastlock snap, crosslock snap, sedangkan untuk pemancingan ditepi laut yang menggunakan pelampung, peniti yang umum dipakai adalah jenis italian snap dan coastlock snap.

.