Swivels / Kili-kili

Swivel/kili-kili merupakan accessories pelengkap dalam memancing yang berfungsi untuk mengurangi kekusutan atau pelintiran tali senar, selain itu penggunaan swivel juga dapat mempermudah simpul. Umumnya swivel ditempatkan diantara tali senar dan umpan.

Swivel terbuat dari bahan kuningan dengan finishing nickled, polished dan black nickled. Efisiensi kerja swivel akan terhambat apabila terjadi korosi/karat serta akumulasi pasir dan lumpur, jika keadaan demikian dibiarkan terus menerus maka akan meningkatkan gesekan selip tiap putaran akibatnya putaran swivel jadi kaku dan senar melintir.

Jenis-Jenis Swivel

Swivel terdiri dari banyak variasi model dan bentuk, tapi fungsi penggunaan umumnya sama. Ukuran untuk swivels umumnya dari no. 6/0-20.

Jenis-jenis swivels antara lain :

Pemakaian swivel untuk kolam dan laut

Untuk pemancingan dikolam / empang dan sungai, swivel yang umum dipakai adalah jenis barrel swivel, crane swivel dan rolling swivel dengan ukuran no. +/- 10-20. Sedangkan untuk pemancingan di laut, swivel yang paling banyak dipakai adalah jenis heavy swivel, ball bearing swivel untuk trolling dan 3-way swivel, crossline swivel,  2 joint minus swivel untuk jigging dengan ukuran no. +/- 6/0-9. Untuk pemancingan di tepi laut jenis swivel yang dipakai umumnya sama dengan jenis swivel untuk pemancingan kolam.

.