Collar & Capstan

Collar & Capstan merupakan salah satu simpul terkuat yang bisa digunakan untuk mengikat umpan buatan atau lure anda. Untuk membuat simpul Collar & Capstan diperlukan dua buah senar terpisah yang nanti dalam penggunaannya akan disatukan sehingga terbentuklah senar collar & capstan ini. Coba perhatikan gambar 1, disana terlihat dua buah senar.

1.a Gambar yang pertama ini adalah salah satu senar yang sudah dibuatkan simpul berbentuk loop. Simpul ini yang nanti akan digabungkan dengan benang yang lain.

1.b Gambar kedua merupakan satu buah senar yang masih utuh yang akan digunakan sebagai dasar dari simpul ini.

 

 

2. Buat lilitan ke dalam mata hook beberapa kali, ini adalah awal dari simpul collar & capstan. Setelah selesai membuat lilitan kemudian dikencangkan.

 

 

 

 

3. Langkah ketiga ini agak sedikit rumit, disinilah dua simpul tadi disatukan. Lilitkan simpul loop yang sudah dibuat tadi. Letakkan simpul loop dibagian paling atas, kemudian buat lilitan dengan salah satu ujung senar yang lain.

 

 

 

 

4. Lanjutkan dengan membuat sekitar 10 lilitan, berikan jarak yang cukup pada lilitan terakhir untuk mengunci sambungan dua simpul yang digabungkan tadi.

 

 

 

 

5. Setelah selesai membuat lilitan dan menggabungkan dua buah simpul tadi, langkah selanjutnya adalah menarik salah satu ujung senar yang digunakan untuk melilit simpul tadi sehingga simpul yang baru dibuat itu bergeser mendekat ke ujung mata hook lure.

 

 

 

6. Untuk senar yang berlebih bisa anda gunting agar simpul terlihat lebih rapi. Jika anda melakukannya dengan benar, maka hasilnya akan tampak seperti gambar disamping.