Bendungan Karangkates

Bendungan Karangkates atau biasa disebut juga Bendungan Sutami ini terletak di Desa Karangkates,  kecamatan Sumber Pucung, 40 Km arah selatan Kota Malang. Di bendungan ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan danau buatan sembari berperahu ataupun memancing. Air dari bendungan ini berasal dari sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Selain digunakan sebagai PLTA, bendungan ini telah menjadi salah satu obyek pariwisata di Malang dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wahana olah raga, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf.

Bendungan Sutami merupakan bendungan nasional kedua yang dibangun oleh Departemen Pekerjaan Umum seyelah Bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat. Bendungan yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1977 inu terlatk di Desa Karangkates. Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang. Bendungan terbesar di propinsi Jawa Timur selain didesain mampu mengendalikan banjir juga dirancang sebagai sumber debet air bagi irgasi daerah hilir.

Dengan debet mencapai 24 m perditik pada musim kemarau. Itu artinya, Bendungan ini bisa menjamin ketersediaan pasokan air untuk irigasi 34.000 hektar sawah di wilayah hilir sepanjang tahun. Selain itu bendungan Sutami ini juga bernama Bendungan Karangkates ini. Juga merupakan pembangkit listrik dengan daya 2 x 35.000 kwh ( 400 Juta kwh/tahun) serta area publik yang bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata dan perikanan air tawar.

Wisata Karangkates mempunyai dua lokasi taman wisata, yaitu taman wisata Karangkates yang terletak di sebelah utara bendungan Sutami dan taman wisata Bendungan Lahor yang terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor. Pada tempat wisata ini “Bendungan Karangkates” pengunjung dapat menikmati keindahan danau buatan, sambil berperahu dan memancing.

Apalagi kegiatan tersebut dilakukan saat pagi hari kita dapat melihat sunrise, dan sunset yang menawan juga ditawarkan di tempat wisata ini ketika kita berkunjung di sore hari, sangat menyenangkan tentunya. Yang tak kalah menarik pada tempat wisata ini adalah terdapatnya taman yang memang dirancang untuk tempat bersantai bersama keluarga.

Pada hari libur (sabtu, minggu dan hari libur nasional), hiburan tambahan sebuah orkes pun disuguhkan dalam rangka menarik ketertarikan pengunjung.

Fasilitas Bendungan Karangkates
Karena telah dijadikan sebagai sebuah obyek wisata, fasilitas penunjang di Bendungan Karangkates tergolong lengkap. Misalnya, bagi pengunjung yang ingin berolahraga, di dalam areal waduk dan bendungan Karangkates terdapat beberapa fasilitas olahraga, seperti: tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf.

Sementara, bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan selain bendungan, dapat mengunjungi taman wisata yang letaknya di sebelah utara Bendungan Karangkates dan di sebelah selatan Bendungan Lahor. Dan, apabila telah lelah berkeliling, pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan yang dijual di warung-warung yang ada di sekitar bendungan.

Selain fasilitas di atas, masih ada berbagai fasilitas penunjang lainnya yang membuat kawasan wisata Bendungan Karangkates atau Sutami banyak dikunjungi orang. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah: lapangan parkir yang cukup luas, camping ground, kebun binatang mini, taman bermain anak-anak, kios-kios penjual souvenir khas daerah Malang dan sekitarnya, mushola, kamar mandi, WC, dan lain sebagainya. Sebagai catatan, untuk dapat memasuki obyek wisata Bendungan Karangkates pihak pengelola mematok harga tiket masuk bagi pengunjung hanya sebesar Rp.2.000,00 per orang.

Pada tempat wisata ini “Bendungan Karangkates” pengunjung dapat menikmati keindahan danau buatan, sambil berperahu dan memancing. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan saat pagi hari kita dapat melihat sunrise, dan sunset yang menawan juga ditawarkan di tempat wisata ini saat berkunjung di sore hari, sangat menyenangkan tentunya. Yang tak kalah menarik pada tempat wisata ini adalah terdapatnya taman yang memang dirancang untuk tempat bersantai bersama keluarga.

Pada hari libur (sabtu, minggu dan hari libur nasional), hiburan tambahan sebuah orkes pun disuguhkan dalam rangka menarik ketertarikan pengunjung. Wisata Karangkates mempunyai dua lokasi Taman Wisata, yaitu:

  • Taman Wisata Karangkates yang berlokasi di sebelah utara Bendungan Sutami.
  • Taman Wisata Bendungan Lahor yang berlokasi di sebelah selatan Bendungan Lahor.

Fasilitas

  • Taman Bermain
  • Taman untuk bersantai

Tarif
Tarif masuk Wisata Bendungan Karangkates Rondo Rp. 5000,-/orang

Tips

  • Bawalah barang secukupnya
  • Menjaga kebersihan tempat

3 Responses

  1. hary says:

    aku kepingin jalan-jalan dan mancing disana . . .

  2. hary says:

    mantaap brow. . . besok aku kemalang . . .

  3. Ananda Faqod says:

    Kami dr SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo akan melakukan Praktek Kerja Lapangan di Bendungan Karang Kates…
    Mohon Contact personnya!
    sekian trims