Danau Napangga

Danau Napangga
Danau Napangga terletak 70 km dari Ujung Tanjung di Kecamatan Tanah Putih, tepatnya di hulu sungai Batang Kumuh desa Tanjung Medan berbatasan dengan Rokan Hilir, Riau dan Propinsi Sumatera Utara.

Danau dengan luas sekitar 500 hektare ini memiliki pesona alam yang indah, air danaunya yang tenang sehingga merupakan tempat tinggalnya ikan arwana yang khas di kawasan tersebut. Menurut legenda, danau ini dahulu merupakan tempat persinggahan dan peristirahatan raja beserta permaisurinya. Tidak jauh dari kawasan ini tinggal masyarakat Bonai, salah  satu suku asli penduduk yang tinggal di Rokan Hilir. Danau Napangga juga mempunyai potensi pengembangan wisata air, seperti mendayung, parasailing, sky air, memancing dan menyelam.

Keistimewaan
Pesona alamnya sangat indah dan air danaunya tenang membuat pengunjung geram untuk menceburkan  diri ke dalamnya. Sangat cocok untuk melepaskan penat atau sekadar mencari  inspirasi. Di dalam danau tersebut hidup spesies ikan Arwana Sumatera/Khayangan  yang langka dan sangat mahal harganya. Di sana  juga terdapat sumber air panas. Pohon nyiur yang melambai dan pohon rimbun yang  khas menambah asri suasana sekitar danau.

Lokasi
Danau Napangga terletak di hulu Sungai Batang Kumuh, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Tanah Putih/Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Akses
Berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Ujung Tanjung, ibukota Kabupaten Rokan Hilir.

Akomodasi dan  Fasilitas
Untuk sampai ke danau ini bisa ditempuh melaui jalan darat. Jalan menuju Danau Napangga sudah hampir semuanya diaspal sehingga memudahkan para pengunjung mendatanginya dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pengunjung juga dapat membeli souvenir di sentra kerajinan penduduk setempat.

(Berbagai Sumber).

1 Response

  1. Ronal says:

    jaga lah keindahan alam yang di Anugrahkan d daerah kita,,, jika perlu bentuk taman rekreasi yang ter nama di indonesia, jika perlu dunia!!!!