Kolam Pemancingan Koya

Istilah Koya sendiri sebenarnya adalah nama dari suatu kecamatan yang terdiri atas Koya Timur dan Barat. Lokasinya terletak di Distrik Muara Tami, Jayapura. Dari pusat kota Jayapura, jaraknya sekitar 40 km ke arah timur atau searah dengan rute menuju ke wilayah perbatasan negara Indonesia dengan Papua New Guinea. Dengan posisinya yang terletak di perlintasan tersebut, kondisi jalan yang akan Anda lewati tergolong lebar dan mulus.

Anda dapat mencapai lokasi tempat mancing ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, atau bahkan menggunakan kendaraan umum. Namun tidak semua angkutan umum melewati kawasan Koya.

Anda dapat naik bus umum dari terminal. Tetapi Anda akan kesulitan untuk mencari bus ketika akan pulang. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan ojek motor dari jalan – jalan di kota Jayapura. Namun ongkos ojek di sini cukup mahal. Oleh sebab itu jika Anda berlibur bersama teman – teman sebaiknya Anda menyewa mobil di kawasan Jayapura.

Jika Anda berniat menggunakan sopir atau ingin membawa kendaraan sendiri, Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju perbatasan. Rambu jalan yang akan ditemui cukup jelas dan jalan yang akan dilalui juga tergolong bagus. Lokasi pemancingan terletak di sebelah kiri jalan jika dari arah kota Jayapura.

Anda dapat dengan mudah mengenali wilayah ini saat masuk ke Kecamatan Koya. Pasalnya tempat ini adalah daerah tempat tinggal para transmigran. Jadi baik arsitektur gerbang maupun bangunanya juga sudah berbeda daripada beberapa tempat lain di kota ini.

Para pengunjung dapat memilih kolam mana saja untuk memancing dan bersantai. Kolam Pemancingan Koya ini tergolong nyaman karena sudah dilengkapi dengan pondok–pondok kecil untuk tempat bersantai dan menikmati makanan selama memancing.

Sebagian besar pondok yang ada di tempat ini langsung menghadap ke bagian kolam untuk mancing ikan sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Lebih praktisnya lagi, Anda tidak perlu repot–repot membawa makanan karena di kawasan ini sudah terdapat rumah makan. Rumah makan di sini menyajikan berbagai pilihan menu mulai dari menu ikan, sayur, ayam, dan masih banyak lagi.

Harga makanan di sini juga tergolong cukup terjangkau dan suasana di pondok–pondok ini juga sangat nyaman. Untuk masuk di kawasan pemancingan, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Anda hanya akan membayar bila membeli makanan, membawa hasil ikan tangkapan atau membakarnya langsung di tempat pemancingan.

Bagi yang tidak membawa alat pancing, di Kolam Pemancingan Koya juga terdapat fasilitas sewa alat pancing. Namun Anda tentu akan dikenakan biaya sewa. (zonamancing)