Mancing di Kaliwatu (River Stone)

Bagi warga Semarang mungkin pernah dengar dengan nama Kaliwatu (River Stone) atau bahkan sebagian juga pernah merasakan mancing di spot ini?. Kaliwatu/RS (River Stone) merupakan suatu sungai yang digunakan oleh PLTU Semarang sebagai saluran pembuangan air dari proses boiler yang dialirkan menuju laut. Untuk lokasinya sendiri yaitu tepat berada di belakang PLTU Indonesia Power Semarang.

kaliwatu1Untuk menuju ke spot RS mancing mania bisa lewat dari pos 4 pelabuhan Tanjung Emas kemudian ada jalan belok ke kanan sampai mentok ada pos satpam. Di pos satpam itulah mancing mania bisa memarkir kendaraan. Spot RS bisa juga dijangkau lewat dari TPI Tambak Lorok. Namun bagi mancing mania yang belum pernah mancing di spot RS jika lewat jalur Tambak Lorok akan sedikit susah karena jalurnya melewati gang kecil dan harus bertanya-tanya sama warga sekitar untuk bisa sampai ke spot RS.

Spot RS sangat berpotensi sekali mendapatkan strike ikan berukuran sedang. Jenis ikan yang sering diburu para mancing mania disini adalah barakuda, baramundi, kerapu, sembilang, baronang, kiper, belanak dan lain-lain. Bagi para mancing mania penggila mancing baramundi, spot ini sangat cocok sekali untuk dijadikan referensi mancing. Tidak menutup kemungkinan bagi mancing mania yang senang mencari ikan-ikan kecil seperti kerapu, sembilang dan sejenisnya bisa juga spot ini dijadikan referensinya.

Untuk mancing target ikan belanak biasanya para mancing mania datang pada pagi hari dengan bersenjatakan pancing garong, mancing mania bisa mendapatkan hasil ikan belanak dengan jumlah yang lumayan banyak. Waktu yang sangat bagus untuk casting yaitu pada malam hari dengan keadaan air laut surut. Bila keadaan air laut pasang justru ikan-ikan predator akan bermigrasi ke laut. Diusahakan menggunakan jenis lure top water karena kedalaman air hanya berkisar 1,5 meter.

Selain itu jika mancing mania mancing dengan teknik casting jangan sampai boiler PLTU dalam keadaan hidup, karena jika boiler dalam keadaan hidup maka air sungai akan menjadi panas sekali bahkan sampai air sungai mengeluarkan asap. Suasana di spot menjadi panas otomatis ikan-ikan penghuni RS akan bermigrasi ke laut untuk menghindari air panas yang keluar dari boiler PLTU. Jika hal itu terjadi maka harapan untuk mendapatkan strike sangat kecil sekali. (sumber : maslakon)