Pemancingan Taman Mino Jogjakarta

Pemancingan sekaligus rumah makan Taman Mino yang ber alamat di Desa Ngotho, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Jogjakarta ini merupakan salah satu alternatif bagi anda yang ingin menikmati sensasi mancing  di kolam pemancingan. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Pemancingan ini terbagi menjadi empat kolam pemancingan dimana pada hari – hari tertentu seperti hari minggu dan hari libur lainya, salah satu kolam akan diisi dengan ikan yang banyak dan mudah dipancing.

Keluarga besar dari Ibu Watiningsih selaku penerus dari pemilik usaha kolam pemancingan ‘Taman Mino’ yang berada didaerah jalan Imogiri Barat Bantul Yogyakarta, berinisiatif mengembangkan kolam ikan milik pribadi menjadi kolam pemancingan ikan.

Lebih dari 20 tahun lalu, bisnis itu dibangun diatas tanah seluas 4000meter persegi. Menurut Bapak Waldiyono, nara sumber sekaligus kakak dari pemilik ‘Taman Mino’, usaha ini bisa berlangsung lama karena beberapa aspek yang tetap dipegang teguh oleh pemiliknya. Tanpa aspek yang wajib dipunya para pemilik bisnis yang sama, maka pengusaha bisnis ini hanya akan mampu bertahan dua sampai tiga tahun.

Aspek itu ialah : mampu menjaga lingkungan sekitar (penduduk disekitar usaha), menjaga hubungan dengan karyawan, menjaga hubungan dengan petani ikan, dan juga menjaga hubungan dengan tamu/konsumen. Keempat aspek itulah yang terus dipegang teguh hingga sekarang. Makanya, walaupun pada malam hari tidak ada yang menjaga kolam, ‘Taman Mino’ tidak pernah kecurian ikan atau mengalami kematian ikan mendadak karena diracun.

Buka dari jam 8 pagi sampai jam setengah 5 sore. Bagi wanita dan anak – anak, pemancingan ini sangat cocok untuk mengenalkan mereka pada hobi mancing. Selain tempatnya yang seru, juga ikan disini mudah untuk dipancing, sehingga tidak membuat jenuh bagi para pemancing pemula seperti wanita dan anak – anak. Namun bagi anda yang kurang suka dengan aktifitas memancing dan hanya sekedar ingin menikmati masakan ikan air tawar jangan khawatir, karena di pemancingan ini tersedia gazebo yang khusus hanya untuk menikmati makanan tanpa terganggu aktifitas mancing.

Ikan di kolam pemancingan. Gurame Rp 30.000/kg, Patin Rp 20.000/kg, Bawal Rp 18.000/kg, Lele Rp 18.000/kg, Nila Rp 18.000/kg. Setelah ikan dimasak baik goreng, bakar. Gurameh menjadi Rp 38.000/kg, Nila menjadi Rp 28.000/kg, Lele menjadi Rp 26.000/kg, Bawal menjadi Rp 26.000/kg, Patin menjadi Rp 28.000/kg.

Ada beberapa aturan yang terpampang jelas pada pintu masuk kolam pemancingan ikan, yaitu :

  • Dilarang mencari cacing di lokasi pemancingan
  • Dilarang memainkan ikan yang sudah terpancing
  • Dilarang mengambalikan ikan yang sudah terpancingdalam keadaan hidup atau mati
  • Selain itu, disana disediakan pula pancing bagi yang ingin menyewa. Untuk pancing ongkosnya Rp 1000, umpan pelet Rp 1000, umpan cacing Rp 3000.

1 Response

  1. d.kurniawan (chishauri) says:

    kenapa tdk dibuat kolam galatama sj?, mungkin nnt banyak peminatnya, sbb kebanyakan pemancing hanya suka dgn menarik ikan dr pd memasaknya.