Pulau Asu

Pulau Asu terletak di Kecamatan Sirompu, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Luas Pulau Asu sekitar 18km², pulau ini termasuk dalam bagian Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.

Meskipun pulau ini terkesan kecil dan terpencil sehingga jauh dari kesan mewah, tapi banyak wisatawan yang datang ke Pulau Asu untuk melepas lelah dari hiruk pikuk kota. Tidak hanya wisatawan mancanegara, namun wisatawan lokal pun banyak yang datang ke pulau ini.

Di Pulau Asu ini wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan, diantaranya berjemur di pantai, tracking mengelilingi pulau, berenang di pinggir pantai, hingga surfing. Pulau Asu ini memiliki air laut yang jernih dengan hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Selain itu, nyiur pohon kelapa serta deburan ombak menjadikan suasana terasa tenang dan nyaman.

Untuk Anda yang menyukai berselancar, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda. Karena ombak di tempat ini dapat mencapai ketinggian 3-4 meter, jadi sangat bagus untuk berselancar. Namun Anda perlu hati-hati karena di beberapa tempat di pantai ini memiliki karang yang tajam.

Untuk Anda yang senang memancing, Anda bisa menyewa perahu dan mendatangi spot-spot memancing di pulau ini. Memancing pada malam hari juga bisa menjadi kegiatan yang tidak kalah menyenangkan.

Untuk sampai ke Pulau Nias, Anda dapat menggunakan pesawat dari Bandara Polonia Medan menuju Bandara Binaka Sitoli. Dari Gunung Sitoli, Anda melanjutkan perjalanan ke Sirombu, perjalanan ini memakan waktu 1-2 jam. Dari Sirombu ada dua pilihan untuk menuju ke Pulau Asu, menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat.

Jika Anda memilih menggunakan kapal reguler, butuh waktu tempuh selama dua jam. Hal ini dikarenakan kapal harus transit beberapa kali di pulau tetangga. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan speed boat, Anda hanya memerlukan waktu 40 menit.

Untuk akomodasi serta fasilitas, di Pulau Asu ini terdapat cottage sederhana. Selain itu, Pulau Asu ini memiliki banyak warung makan untuk mengisi perut wisatawan yang lapar. (zonamancing.com)