Sendang Biru

Nama Sendang Biru berasal dari bahasa Jawa, yaitu yang berarti sumber air yang berwarna biru. Pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang. Persis terletak di seberang Pulau Sempu. Pemandangannya yang sangat indah, pasir putih dan air laut yang biru jernih menambah daya tarik di pantai ini.

Dengan lokasi yang tertutup pulau Sempu di depannya, lokasi pantai ini menjadi sebuah pantai yang relatif kecil ombaknya dibandingkan pantai lain di selatan Jawa. Bagi para anglers mungkin kata-kata Sendang Biru sudah akrab di telinga masing-masing, sambil membayangkan strike ikan besar di laut yang memiliki pesona pemandangan nan indah rasanya sungguh sangat menyenangkan.

Di perairan yang masih alami ini tentunya masih banyak pula monster-monster laut yang menanti untuk ditaklukkan seperti Giant Trevally, Barracuda dan lain-lain. Bagi penggemar mancing dengan teknik Popping dan Jigging di sinilah tempatnya untuk membuktikan kemampuan anda, kekuatan dan kebugaran fisik dipadukan dengan skill mancing yang anda miliki untuk menaklukkan monster Sendang Biru.

Kalau mancing pinggiran di daerah Sendang Biru, coba dari arah TPI; jalan ke arah barat menyusuri pinggiran sebab banyak tempat yang potensial untuk mancing. Tekniknya pakai pelampung (kambangan), begitu strike maka segera tarik dengan cepat agar jangan sampai tersangkut di karang. Ikan yg makan biasa jenis kerapu macan, kakap anjing, kakap merah, bangbangan dengan ukuran rata-rata 5 jarian.

Di kawasan ini juga masih ada adat yang selalu dijalankan oleh masyarakat setempat. Mereka akan menyeberangi laut menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika anda ingin menyaksikan tradisi tersebut, datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7-8 bulan Syawal.

Saat ini secara resmi pantai tersebut dikelola oleh perusahaan Negara milik Forestay. Maka dari itu terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang pariwisata di tempat wisata ini, seperti tempat makan atau kios-kios penjual makanan ringan dan kios-kios penjual souvenir. Jadi bagaimana, sudah adakah rencana anda untuk mengunjungi Sendang Biru?.

(berbagai sumber)