Spot di Bendungan Batu Tegi Lampung

Bendungan Batu Tegi terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung dan telah diresmikan oleh mantan Presiden Megawati pada tahun 2004, bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara.

Bendungan Batu Tegi LampungBendungan atau dam ini terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat. Di atas bendungan adalah jalan beraspal yang cukup lebar sekitar 10 meter.

Selain fungsinya sebagai PLTA dan irigasi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Mengingat pemandangannya yang begitu bagus dan indah, bendungan itu memang cukup besar yaitu menyatukan dua bukit yang cukup tinggi dan air yang menggenang menengelamkan bukit-bukit kecil yang terletak di sebelah hulu bendungan.

Bendungan Batu tegi Lampung, mungkin hanya sebagian orang yang pernah mendengar temapat ini, bendungan ini di bangun pada masa pemerintahan Megawati, bertujuan untuk pembangkit listrik untuk distribusi Lampung. Terlepas semua itu ternyata tempat ini sekarang menjadi favorit para pemancing di Lampung bahkan tak jarang dari luar kota juga banyak yang mendatangi spot ini, ikanya lumayan banyak dan besar-besar.

Menikmati pesona Alam Batu Tegi diantara bukit Tanggamus memang mengasyikkan. Memancing ikan sambil mengelilingi danau di kaki Gunung Tanggamus juga dapat kita lakukan bersama penduduk suku Semendo. Selain bisa menikmati alamnya, kita juga bisa menyewa perahu yang tersedia di dermaga sekitar Bendungan Batutegi tersebut. Kita juga bisa memancing dan kalau beruntung bisa membawa pulang berbagai jenis ikan yang hidup di bendungan ini, seperti ikan baung, gabus atau patin.

Sementara kalau tidak mendapatkan hasil pancingan, anda bisa membeli ikan di sekitar bendungan. Banyak penduduk sekitar bendungan yang menjual ikan.

Akses menuju tempat ini melalui kota Talang Padang kurang lebih 30 km kearah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk.

Kawasan bendungan Batu Tegi lebih tepatnya berada di dekat pusat kota kecamatan Talang Padang, dengan sebagian besar penduduknya merupakan etnis Semendo (Sumatera Selatan) yang telah menetap di wilayah ini sejak dahulu.