Spot Mancing Bagal Batre

Lokasi Bagal Batre masih berada di kawasan Ujung Genteng. Kenapa disebut Bagal Batre karena di tengah pas dekat dermaga bekas peninggalan Belanda ada pancang dari besi menyerupai batre senter untuk tali menambatkan kapal. Di sana masih tampak bekas-bekas dermaga peninggalan Belanda dulu cuma tidak terawat jadi sebagian ada yg ambruk.

Coba kalau pemerintah setempat mau peduli, kalau ditata bekas dermaga tersebut akan lebih indah dan lebih berfungsi dari pada dibiarkan begitu saja dan tentunya akan lebih memanjakan para angler dan fisherman karena di sana selain angler, fisherman juga sering memancing ikan tertentu untuk dijual. Dengan tembok besar yg menjorok ke tengah laut akan lebih enak buat mancing karena langsung bisa casting ke sarang-sarang ikan predator yg bersembungi di karang-karang juga bisa mencapai ikan-ikan permukaan yg banyak terdapat di sana.

Fisherman di lokasi ini biasanya suka memancing ikan Geulang Coban (nama lokal) bentuknya bulat panjang mulutnya moncong bergerigi, warnanya perak ada warna hitam agak hijau di seluruh bagian atas badannya. ukuran terbesar bisa mencapai 8 kilo tapi jarang kebanyakan sebesar pergelangan tangan orng dewasa sampai sebesar paha.

Susah sekali mancing ikan ini saya sendiri pernah mencoba bukannya disambar ikan malah umpannya yg lari duluan pas casting, dan lemparan kail tidak begitu jauh. Cara pasang umpan udang atau ikan kecil cukup dikaitkan ekornya ke kail lalu dilempar tanpa memakai bandul ke tengah. Supaya lemparan jauh maka harus menggunakan batu karang kecil yg dipungut di lokasi. Batu tersebut dikaitkan ke kail dengan umpan lalu dilempar, hebatnya batu tersebut jatuh pas kail jatuh ke permukaan air tpi umpannya tetap ada, lalu ditarik perlahan.

Serunya pas Ikan Geulang Coban strike dia akan meloncat-loncat ke atas permukaan air. Angler di sini biasanya suka memancing Kerapu dan ikan-ikan karang lain atau Baronang jika sedang musim.  Juga Cumi akan banyak ditemukan di sini pada musim kemarau jika perairan arusnya tenang. Ikan kakap merah, Kakap Batu, dan Ikan Mili suka muncul jika mancing dilakukan malam hari. Hati-hati kalau mancing malam karena di sini banyak ular laut yg warnanya belang hitam putih. Siang ular-ular ini sembunyi disela karang sekitar dermaga malam hari mereka keluar.

Sumber  : palikasejati