Waduk Klambu

Waduk Klambu adalah sebuah waduk multifungsi yang terletak di Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Grobogan, Jawa Tengah. Terletak di sekitar 11 kilometer ke arah barat daya kota Purwodadi. Waduk Klambu yang di lain sisi juga berfungsi sebagai bendungan bagi wilayah sekitar merupakan pertemuan dari 2 aliran sungai, Sungai Serang dan Sungai Lusi.

klambu1Waduk Klambu dinilai memiliki potensi wisata air yang cukup menjanjikan. Banyak sekali masyarakat sekitar yang berkunjung ke Waduk Klambu. Mayoritas dari pengunjung datang ke Waduk Klambu untuk memancing karena dipercayai terdapat banyak ragam jenis ikan hidup di dalam air Waduk Klambu. Wajar saja, mengingat air dari Waduk Klambu berasal dari 2 aliran sungai.

Tidak hanya memancing, banyak pula para pengunjung yang datang ke Waduk Klambu untuk sekedar refreshing dengan duduk-duduk disekitar waduk. Bahkan, berjalan-jalan santai di sekitar waduk. Biasanya, Waduk Klambu ramai didatangi para pengunjung pada sore hari untuk menghabiskan waktu sembari menikmati segarnya udara dan tiupan angin yang sepoi-sepoi.

Fungsi Waduk Klambu yang dapat membendung aliran dari 2 sungai tersebut yang sewaktu-waktu dapat meluap hingga membanjiri wilayah sekitar waduk. Tak hanya sebagai bendungan, Waduk Klambu juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

klambu2Daya yang mampu dihasilkan PLTA Klambu ini cukup besar, sekitar 1,2 MW. Cukup untuk mengaliri listrik wilayah sekitar Waduk Klambu. Namun, masih ada fungsi Waduk Klambu yang tidak kalah penting dari dua fungsi sebelumnya. Waduk Klambu berfungsi sebagai sumber irigasi persawahan wilayah sekitar waduk serta sumber air minum bagi wilayah Semarang dan sekitarnya.

Untuk irigasi, Klambu bagian kanan waduk digunakan untuk mengairi persawahan di kabupaten Grobogan, Kudus, dan Pati yang diperkirakan seluas 17.288 hektare. Sedangkan Klambu bagian kiri untuk mengairi persawahan  seluas 21.457 hektare yang meliputi wilayah sekitar Kabupaten Demak dan Kudus.

Bagian Waduk Klambu lainnya, yaitu Klambu Juana mengairi persawahan seluas 9.970 hektare yang mencakup luas persawahan Kabupaten Pati dan Rembang melalui pompa air Tambakromo. Untuk Sumber air minum wilayah Semarang dan sekitarnya, Waduk Klambu dapat mengalirkan debit air sebesar 1.500 liter / detik melalui pipa-pipa yang berada didalam tanah sepanjang 45 kilometer. (nusapedia)