• -6.153636, 106.792756

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo, itulah nama Waduk yang berada di ketinggian Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, kurang lebih 5 km di sebelah barat kota Wates. Sejak diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto, waduk Sermo menjadi penyangga air bagi pertanian di bawahnya sekaligus menjadi obyek wisata yang menarik. Panorama yang disajikan waduk sermo sangat indah diselimuti hawa yang sejuk dan angin yang berhembus segar menambah kenikmatan bersantai di pinggir Waduk Sermo.

Waduk Sermo sendiri menurut Pemkab Kulonprogo memiliki luas genangan kurang lebih 157 Ha dengan keadaan air yang jernih membiru serta bentuknya yang berkelok-kelok menyerupai jari tangan dengan latar belakang perbukitan menoreh yang hijau. Wisatawan dapat menikmati panorama waduk dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km. Selain sebagai obyek wisata yang nyaman, pengunjung bisa memancing di area waduk. Banyak ragam ikan yang ada di Waduk Sermo, tetapi kebanyakan pemancing mendapatkan Ikan Nila. Meski pengunjung bebas memancing di Waduk Sermo ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.

Bendungan yang menghubungkan dua bukit mempunyai kedalaman 56 meter. Waduk ini dapat menampung air 25 juta meter kubik dengan genangan seluas 157 hektar. Untuk pembangunan waduk ini, Pemda Kulonprogo memindahkan 107 KK bertransmigrasi — 100 KK ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan tujuh kepala keluarga ditransmigrasikan ke PIR kelapa sawit Riau.

Berbagai fasilitas yang ada di area waduk sermo ini adalah tempat penginapan, gedung pertemuan, pos penjagaan, kios dan warung makan. Waduk ini diminati banyak orang untuk berbagai kegiatan antara lain untuk rekreasi,  memancing ikan, tracking, bermain sepeda, dan kegiatan outbound berkelompok. Kegiatan Outbound di waduk sermo ini bisa menjadi alternatif kegiatan rekreasi sekaligus edukatif untuk keluarga maupun instansi yang bertempat di area Yogyakarta dan sekitarnya.

Dikelilingi perbukitan hijau dan bentuk waduk yang berkelok-kelok semakin menambah keindahan tempat ini. Waduk ini memiliki jalan lingkar sehingga anda dapat berkeliling mengitari tepian waduk dengan kendaraan anda. Tetapi jika anda ingin menggunakan perahu wisata juga tersedia di sini. Terdapat beberapa jenis ikan ditabur di waduk sermo ini, diantaranya jenis ikan nila, tawes dan tombro. Jika anda hobi memancing di air tawar, tempat ini layak anda coba. Tidak ada tambahan biaya jika anda memancing di waduk sermo ini kecuali biaya masuk  retribusi.

Perjalanan menuju ke waduk Sermo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Karena lokasinya yang berada di bukit jalanan menanjak dan berkelok-kelok namun cukup menyenangkan. Rute termudah adalah dari Kota Wates — RSUD Wates ke arah barat selanjutnya ikuti saja papan petunjuk. Bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri ada angkutan Umum yang melayani rute Wates — Kokap, akan tetapi angkutan ini tidak masuk sampai Lokasi Waduk Sermo, anda harus turun sebelum pintu gerbang Waduk Sermo. Retribusi masuk Waduk Sermo juga cukup murah hanya seribu rupiah per orang dan parkir roda 2 seribu rupiah juga, untuk mobil dua ribu rupiah.

(Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>