Bahaya Mancing di Sekitar Rig (Kilang Minyak)

Memancing di sekitar pengeboran minyak dan gas (Rig) memang menggiurkan, karena memang terdapat banyak ikan di bawah Rig tersebut. Tapi ada baiknya tidak terlalu dekat dengan Rig (minimal 200m), dikarenakan selain terdapat banyak ikan juga terdapat berbagai bahaya yang dapat mencelakakan pemancing. Beberapa peringatan yang perlu diperhatikan jika pemancing ingin memancing di sekitar Rig, antara lain:

  1. Jika alarm pada RIG tersebut berbunyi segeralah menjauh.
  2. Posisi kapal jangan terlalu dekat dengan RIG.
  3. Hindari memancing pada RIG yang sedang melakukan pengeboran, ciri-ciri RIG yang sedang melakukan pengeboran yaitu RIG tersebut masih terdapat menara bornya.

Gas beracun (H2S), terdapat pada drilling Rig. (Sedang berlangsung pengeboran)
Pengeboran minyak/gas dapat menembus formasi (lapisan bumi) yang terdapat gas beracun (H2S), gas beracun tersebut dapat naik ke rig (permukaan) melalui lubang yang dibor, sesampainya diatas gas beracun tersebut akan terbang terbawa angin, dan selalu mencari permukaan yang lebih rendah (karena gas H2S lebih berat dari udara), artinya gas akan turun sampai di permukaan laut,(tempat kapal pemancing/nelayan berada), dengan konsentrasi gas yang tinggi gas beracun tersebut akan membunuh para pemancing/nelayan yang berada di bawah rig tersebut.

Gas ini sangat berbahaya bagi manusia. Saat ini gas beracun H2S terbesar ada di pengeboran darat (Petrochina Tuban dan Exxon Mobil Cepu), mencapai 2% (20000 ppm/part per million). Bau gas H2S pada dosis rendah (di bawah 50 ppm) seperti telur busuk, di atas 50 ppm malah tidak berbau lagi karena sel syaraf penciuman kita menjadi kebal. Jika kita terpapar (terhirup) H2S di bawah 50 ppm dalam beberapa menit, akan mual-mual bahkan pingsan. Yang bahaya adalah di atas 100 ppm, gas ini langsung merusak syaraf dan indra penciuman kita tidak bisa mendeteksi, bahkan korban bisa pingsan dan meninggal.

Bebasnya semburan gas liar yang tidak diketahui terdapat pada drilling Rig
Semburan gas liar, maksudnya tekanan gas yang sangat besar dari dalam sumur menuju permukaan,yang dapat teratasi, dan ada juga yang tidak dapat diatasi, yang tidak dapat diatasi dapat menyebabkan Rig tersebut hancur terbakar dan tenggelam, apa yang terjadi jika ada kapal pemancing/nelayan di bawah rig atau spot mancing atau rumpon tersebut.

Rig produksi di bawah laut terdapat Jalur pipa bawah laut
Pipa di bawah laut dibuat untuk mendistribusikan minyak/gas dari rig yang sedang berproduksi (platform) menuju ke tempat penyulingan minyak/gas di darat, kapal-kapal yang mampir di Rig tersebut tidak boleh sembarangan membuang jangkar di sekitar RIG, jangkarnya bisa jatuh tepat di atas pipa-pipa distribusi.

Resiko terkena benda jatuh dari atas Rig
100% semua Rig dan peralatannya terbuat dari besi jadi potensi untuk besi/benda lainnya jatuh ke kapal pemancing/nelayan sangatlah besar. Jadi, ada baiknya mencari spot mancing rumpon yang tidak berdekatan di sekitar Rig tersebut karena dapat mengancam keselamatan para pemancing.

1 Response

  1. NHJ says:

    bethul bethul bethul