• -6.153636, 106.792756

Cara Menggunakan Umpan Lumut

Cara Menggunakan Umpan Lumut

Cara Menggunakan Umpan Lumut

Memancing dengan lumut umumnya dilakukan untuk menangkap ikan mujair atau ikan nila. Dua jenis ikan ini yang menjadi target sasaran pemancingan dengan umpan lumut, karena umpan ini adalah makanan alami dari ikan nila di alam liar. Jarang sekali ikan nila yang sudah diternakkan di kolam pancing mau makan umpan ini, mengingat kebiasaan makan mereka yang sudah berubah dari pakan alami menjadi pakan buatan yakni pelet. Penggunaan lumut sebagai umpan dipakai untuk memancing di danau dan waduk.

Lumut yang dipakai untuk memancing merupakan lumut sungai yang masih segar, karena lumut yang masih baru dan segar memiliki bau yang khas. Lumut ini dapat diperoleh di sungai-sungai yang berbatu-batu atau lumut yang berada di sawah. Lumut untuk pemancingan biasanya diambil yang masih hijau, segar dan sudah memiliki helai – helai (tandanya sudah cukup tua). Lumut yang dahulu gratis dan tersedia banyak di sawah sekarang bahkan dibudidayakan untuk melayani pemancing yang ingin mendapatkannya tanpa harus bersusah payah.

Lumut adalah tanaman yang tumbuh di tempat-tempat yang lembab. Lumut merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh ikan mujahir. Jenis lumutnya adalah lumut hijau. Lumut Hijau tumbuh di area persawahan, Sungai, dan kolam kolam. Kalau lumutnya tebal, banyak, kita tidak susah mengambilnya, tapi kalau lumutnya sedikit, berpencar-pencar, kita harus menggunakan seser penyaring untuk mengambilnya. Lalu, bagaimana caranya kita menempatkan lumut pada mata kail? Berikut petunjuknya…

  1. Kail dirangkai bersusun 4-6 mata kail, dengan jarak +- 1 cm.
  2. Tarulah lumut di dalam ember kecil atau mangkok yang berisi air.
  3. Pegang Mata kail dan senarnya dengan kedua tangan, maksudnya, tangan yang satu memegang mata kail, yang satunya lagi memegang senar, celupkan ke dalam wadah lumut tadi, putar tangan yang memegang mata kail hingga lumut membelit senar.
  4. Angkat tangan yang memegang senar dan lepas tangan yang memegang mata kail, geser lumut yang membelit senar hingga membetuk gumpalan di mata kail. atur besar kecilnya gumpalan sesuai keinginan kita.
  5. Mata kail di lempar ke air pada 1 titik di ulang (ngebom) maka ikan akan datang dengan sendirinya.

Catatan:

Lumut jangan terkena sinar matahari langsung karena menyebabkan lumut bisa busuk.

Nah kita siap melempar pancing kita dengan mengguankan umpan lumut. Jangan lupa umpan lumut harus terapung di permukaan air, sehingga pancing kita harus menggunakan pelampung.

One thought on “Cara Menggunakan Umpan Lumut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>