Cara Mengobati Ikan Yang Sakit

Kenapa ikan sakit? dalam kondisi normal yaitu lingkungan optimal dan daya tahan tubuh yang baik, ikan sebenarnya jarang terkena penyakit. Namun, apabila kondisi lingkungan tidak cocok, ikan stres dan daya tahan tubuh menurun. Bila sudah begitu, maka penyakit akan dengan sangat mudah muncul.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tubuh ikan melemah, diantaranya kualitas air yang yang buruk, nutrisi yang tidak terpenuhi, serta kepadatan yang terlalu tinggi. Akibatnya terjadi komposisi tidak sehat antara oksigen , makanan, buangan metabolit beracun serta mikro organism yang lain. Sumber penyakit terdiri dari virus, bakteri, parasit, dan sumber lain yaitu kekurangan nutrisi dan rusaknya kualitas air.

Cara Pengobatan Penyakit

Ikan yang luka atau sakit sebaiknya dimasukkan kedalam bak penampungan/karantina yang diperlengkapi dengan pompa arus 100 Watt, dan pompa yang bisa mengeluarkan gelembung-gelembung dalam air sebagai supply oksigennya. Kemudian sediakan juga, Antibiotik misalnya Super Tetra 500mg, Vitamin B serta Vitamin C.

Kedalam bak karantina kita berikan 1 kapsul Antibiotik bila ikannya kecil atau 2 bh setiap harinya kalau ikan yang sakit besar dan banyak. begitu juga tablet vitanin B kompleks dan C, berikan masing2 1 butir setiap harinya, kalau ikan sakit jangan diberi makan selama 3-5-7 hari, kalau setelah 7 hari puasa, berikan makanan sedikit saja.

Karena Ikan yang kenyang susah sembuhnya, lagi pula kotoran ikan jadi tempat berkembang biaknya virus, kuman dan bakteri yang berbahaya selama tidak tersedot masuk kedalam filter. Berikan juga Elbayau atau Gold-100 sesuai dosisnya. Pada bak karantina, bila air telah agak keruh, biasanya 3-5 hari, ganti air setengahnya dengan air yang baru sambil menyedot kotoran yang ada pada dasar bak hingga bak kembali kelihatan bersih, dan beri lagi Elbayau atau Gold-100 secukupnya.

Kalau ikan koi lukanya agak berat, bubuk antibiotik dibubuhkan langsung ke lukanya agar lebih efektif pengobatannya. Caranya mudah ikan dijaring diangkat dari air, kemudian bubuk obat diletakkan pada ujung jari dan langsung dioleskan pada luka. Bila ini dilakukan secara rutin, dalam waktu singkat bisa dilihat lukanya kering dan berproses menyembuh.

3 Responses

  1. kalo ikan bawal yang habis kena pancing gmn ya

  2. Amiy says:

    Ikan belanak gimna ya? Apa obatnya??

  3. cecep mulyadi says:

    cara menyembuhkan ikan mas yang terena cakaran kucing