• -6.153636, 106.792756

Mancing Ikan Haruan

Mancing Ikan Haruan

Mancing Ikan Haruan

Mancing Ikan HaruanIkan Haruan adalah sejenis ikan air tawar jenis karnivora. Ia merupakan spesies asli hutan tropis. Hidup dalam air tawar dan payau dan biasa didapati di negara-negara Asia Tenggara. Kalau di Jawa dikenal dengan sebutan Kutuk/Gabus, orang Betawi menyebutnya Kocolan, tetangga kita Malaysia mengenalnya dengan nama aruan atau haruan. Sedangkan tetangga jauh kita yaitu Inggris, memanggil ikan Haruan ini dengan berbagai nama, seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Channa striata.

Ciri-ciri umum haruan, yaitu bentuk tubuhnya hampir bulat, makin ke belakang makin gepeng. Kepala agak gepeng dan bentuknya seperti ular. Ikan karnivora yang bergigi di rahang ini berwarna coklat sampai hitam pada bagian atas dan coklat muda sampai keputih-putihan pada bagian perut. Ikan Haruan dewasa menunjukkan perlakuan monogami selain mempunyai daya penguasaan wilayah yang cukup kukuh. Ikan haruan dapat hidup dalam air yang cetek dan berlumpur.

Dinamakan Snake head, mungkin karena kepala ikan Haruan berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Biasanya dijumpai di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan Haruan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.

Teknik Memancing Ikan Haruan
Ikan haruan memang mudah dipancing karena sifat agresifnya. Umpan yang digunakan juga mudah didapati di kedai-kedai atau dicari sendiri. Umpan yang biasa digunakan adalah:

  • Cacing
  • Katak
  • Anak Ikan
  • Gewang

Umpan cacing biasanya digunakan dengan menggunakan teknik pancing dasar yaitu teknik tradisional ataupun boleh juga menggunakan pelampung. Umpan cacing berkesan untuk menangkap haruan tetapi mengambil yang agak lama. Penggunaan katak adalah bagus untuk memancing haruan. Untuk memancing menggunakan katak, cara memasang mata kail perlu dipastikan benar dan tepat agar tidak ada peluang haruan untuk terlepas.

Cara memancing ikan haruan menggunakan katak adalah seperti berikut:

  • Umpan dilontarkan ke lokasi yang diperkirakan berpotensi untuk disambar
  • Tali digulung sedikit demi sedikit sambil mengesan tarikan dari haruan
  • Jika tarikan terasa berat, mungkin umpan tersebut sudah berada di dalam mulut haruan
  • Sentap agar mata kail terlekat pada haruan tersebut.

Penggunaan anak ikan untuk mata kail adalah cara paling mudah dan efektif. Teknik ini adalah sesuai untuk pemancing yang gemar memancing ikan di anak sungai yang sempit. Mata kail dicangkuk di belakang ikan tersebut dan ikan tersebut dibiarkan berenang di antara permukaan air sehingga menimbulkan riak air pada permukaan. Haruan sangat sensitif dengan riak air dan akan menyambar ikan tersebut dengan sangat ganas. Pastikan joran berada di dalam posisi aman, jika tidak joran anda akan melambung karena santapan ganas haruan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>