• -6.153636, 106.792756

Mancing Tawes

Mancing Tawes

Mancing Tawes

Ikan tawes adalah salah satu ikan favorit bagi pemancing air tawar, karena ikan tawes memiliki daging yang kenyal dan sedikit lemak. Ikan ini merupakan salah satu ikan asli Indonesia terutama pulau jawa, maka nama latinnya adalah Puntius Javanicus. Ikan tawes dalam habitat aslinya adalah ikan yang berkembang biak di sungai dan rawa–rawa dengan lokasi yang disukai adalah perairan dengan air yang jernih dan terdapat aliran air, mengingat ikan ini memiliki sifat biologis yang membutuhkan banyak oksigen. Jika ditempatkan dalam air yang miskin oksigen ia dengan mudahnya mati.

Mancing ikan tawes membutuhkan kesabaran luar biasa. Ikan ini sangat sensitif, dan sangat kuat tarikannya. Ikan Tawes adalah sejenis ikan permukaan yang sangat suka memburu benda-benda bergerak di permukaan air. Oleh sebab itu, untuk memancingnya sangat tidak disarankan menggunakan teknik dasaran.

Ikan tawes merupakan ikan liar, meski sekarang juga sudah dibudidayakan di kolam namun di beberapa tempat masih dapat ditemui keberadaannya. Di alam, ikan ini biasa didapatkan dengan alat tangkap jaring, ngesar, tuguk, jala dan alat tangkap trap yaitu sengkirai. Ukuran yang paling banyak tertangkap di perairan berkisar antara 50-200 gram dan biasa dikonsumsi dalam keadaan segar.

Kalau umpan Tawes menggunakan cacing merah, laron, kotoran gemak/puyuh, bungkil atau pelet yang diramu dan diberi essen tertentu sih itu sudah biasa. Yang paling asyik apabila kita menggunakan umpan jenis daun-daunan. Tarikan dan rasa hentakannya sunguh luar biasa. Daun-daunan yang paling banyak disukai oleh Tawes adalah rumput-rumputan, daun kacang panjang atau daun kacang hijau, lembayung muda, kangkung, bayam, daun rambatan, dan bisa juga menggunakan seuntai bulir padi.

Umpan Tawes: Rumput-rumputan
Apabila kita ingin menggunakan rumput-rumputan, cari rumput panjang (teki) yang ada ditengah sawah, pilih yang lunak, dan yang paling bagus adalah rumput yang tumbuh diantara tanaman kacang tanah. Pilih sebagian digunakan untuk Bom (rumpon pengundang gerombolan ikan Tawes), dan sebagian lainnya untuk umpan.

Cara memasang umpannya adalah:

  • Pakai pelampung yang berbentuk panjang agar mudah dilempar, pilih senar yang lembut ukuran 10-15 lbs,
  • Gunakan timah lempengan agar bisa ditempelkan di atas rangkaian pancing.
  • Gunakan pancing yang kecil, maksimal ukuran 4-6.
  • Pakailah rangkaian pancing tunggal.
  • Pasang rumput dengan cara dijepit dengan timah yang sudah ditempelkan pada senar di atas rangkaian pancing, kemudian lilit dengan sisa senar di atas pancing, dan terakhir, pancing ditancapkan di ujung rumput. Dikira-kira penempatannya, jangan terlalu keujung, tetapi juga jangan terlalu ke tengah.
  • Setelah terangkai dengan baik, Lemparkan pancing ke arah bom.
  • Tunggu dan sekalian berdoa yang banyak agar ikan segera memakan umpan.

Umpan Tawes : Daun-Daunan
Triknya mirip dengan menggunakan umpan tawes rumput-rumputan, tetapi pemasangan umpannya tidak serumit apabila menggunakan rumput. Cukup daunnya dikaitkan ke pancing, dan tinggal lempar ke sasaran (bom). Apabila menggunakan daun-daunan, sebaiknya rangkaian timah agak diperberat agar mudah untuk melemparkan ke sasaran.

Umpan Tawes : Padi
Kalau menggunakan umpan tawes dengan padi, pemasangannya mirip dengan cara memasang umpan rumput. Keuntungannya karena lebih berat sehingga melemparnya menjadi lebih mudah. Sedangkan padi yang dipilih, harusnya yang sudah berisi, tetapi tidak terlalu tua, karena mudah putus ketika akan dipasang. Pilih untaian padi yang penuh, dan tidak terlalu panjang.

3 thoughts on “Mancing Tawes

  1. Atien

    nie q pnya trik ksus ikan tawes,.siapkan joran yg pndek aj’ ukr 1.15cm tw 130.cm. snarnya pke ukurn yg pling lmbut’ mta kail pke ukrn 3 tw 4′ pmbrat pke timah lipat’ rakitan tmpa plampung dn sdikit pmberat, mta kail gnakan yg exstra tjam’ untk umpan gnakan pelet butir yg sdah lunak’ mksutnya yg sdah di gyur air sblumnya’ dn sbgai pngundang /bom siapkan pur pkan ayam tw BR, dan utk trik sbgai brkut” plih lokasi waduk/telaga yg brtepi bebatuan tw padas’ ushakan yg dlam’ lalu bom pke pur 1/4 gnggam’ tdk akn lama twes pd nyambar’ udh gtu lmpar umpan'(umpan ckup 1butir plet yg d tsukan pd ujung mta kail) usahakan senar slalu kncang tdk kndor’ kmudian trik plan2′..striek dan rsakan sensasinya ‘utk hsil yg mksimal perlu gser2 tempat atau estafet’ di daerah kami trik ini disbut ZERETAN’ selamat mncoba, tanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>