Melepas Kail

Memancing kini semakin digemari, selain sebagai hobi, memancing juga merupakan sarana olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kegiatan memancing mulai dari melontar umpan, strike, menyerok/mendaratkan ikan, sampai melepas kail, memiliki sensasi tersendiri. Selain harus memahami teknik-teknik yang digunakan dalam memancing, pemancing juga harus memperhatikan hal-hal kecil lainnya seperti melepas mata kail yang menancap di mulut ikan pancingan.

Melepaskan kail yang tertancap di mulut ikan memang terdengar sederhana, tapi jika tidak dilakukan dengan benar akan melukai ikan atau bahkan melukai pemancingnya. Melepas kail yang menancap pada mulut ikan memang tugas pembantu (kedi), namun kadang ada saatnya pemancing sendiri yang harus melakukannya. Untuk menghindari kail menancap pada tangan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara melepas kail yang menancap pada mulut ikan:

  • Biarkan ikan berhenti menggelepar.
  • Gunakan kain lap untuk memegang badan ikan yang licin dengan tangan kiri. Bila ikan terdiam, pegang ikan dengan tangan kiri, tekan agak keras bagian perut dengan jempol kiri Anda.
  • Gunakan tangan kanan untuk melepas kail yang menancap.
  • Pegang kail pakai telunjuk dan ibu jari.
  • Tarik kail mengikuti arah lengkungannya. Kalau agak sulit, dorong kail sebelum mencoba melepaskannya lagi.
  • Apabila kail sulit dilepas memakai tangan, ambil tang atau alat khusus untuk melepas kail (disgorger).
  • Apabila kail menancap terlalu jauh dalam mulut ikan, gunakan jari telunjuk, susuri kenur hingga ujung telunjuk mencapai kail, posisikan bidang kuku telunjuk pada bagian ujung lancip kail. Dorong kail dengan telunjuk hingga lepas.
  • Dalam kondisi ini, bisa juga memakai alat bantu khusus atau mempergunakan ranting pohon yang kira-kira masuk ke mulut ikan untuk melepas kail. Ikuti arah kenur pancing, lalu dorong kailnya hingga terlepas dan keluarkan kail berbarengan dengan ujung ranting yang masuk ke mulut ikan.

Lakukan dengan hati-hati karena kail dapat saja menancap dan melukai tangan pemancing. Segera masukkan ikan ke dalam korang.

Bila Terjadi Kecelakaan:
Bila ada yang mengalami kecelakaan tertancap kail, tetaplah tenang jangan panik. Mintalah pertolongan medis di klinik pengobatan. Namun apabila tidak ada pertolongan medis, perhatikan sampai di mana kail menancap:

1. Apabila kail belum menembus, maka  Anda dapat menariknya seperti biasa, namun bila kailnya tembus, arah tarikan untuk mengeluarkan adalah ke arah pangkal kail.

2. Lepaskan kenur yang mengikat kail, posisikan tubuh agar Anda mudah menariknya.

3. Teorinya, kail tidak ditarik keluar, melainkan diloloskan sehingga pangkalnya mengikuti arah luka tembus.

4. Bila ada tang potong, patahkan dahulu bagian pangkal tempat pengikat yang biasanya lebih besar dari batang. Kalau tak ada, Anda harus segera mencabutnya.

5. Alihkan perhatian teman yang tertancap kail, bisa dengan bantuan teman yang lain. Saat perhatianya teralih, dengan gerakan yang cepat loloskan kail dengan menarik bagian lengkung hingga kail tercabut.

6. Anda harus yakin, jangan sampai gagal pada tarikan pertama ini. Jika gagal, teman Anda akan lebih keras menjeritnya. Gunakan alkohol atau betadine untuk membersihkan bagian luka.