Memancing Ikan Brochet

Ikan Brochet  (Esox Lucius) adalah spesies ikan yang mendiami sungai, danau dan kolam di Eropa, Amerika Utara, Asia dan Maroko. Lama dianggap salah sebagai raksasa rakus, melahap semua yang datang dalam jangkauannya, diakui hari ini sebagai pengatur populasi yang sangat baik bagi danau dan kolam.

Ikan brochet  sering dimasukkan ke air di mana populasi ikan mas berada. Dewasa, ikan brochet menyukai sungai yang mengalir lambat, di danau, atau di empang/ kanal. Ikan muda lebih memilih derasnya arus untuk mencari makanannya.

Untuk memancing ikan brochet secara statis, dibutuhkan joran panjang yang agak kuat, sekitar empat meter. Karena berat badan ikan tidak menjadi masalah,  kekakuan joran bukan faktor utama.

Memancing dinamis

Kalau ingin memancing ikan brochet secara aktif,  berburu ikan ditempat persembunyiannya, pertimbangkan joran berukuran dua hingga tiga meter, yang akan lebih mudah untuk dibawa dan lebih responsif.

Kriteria untuk memilih joran yang baik 

Panjang joran ideal yang dipilih tergantung pada besarnya ikan brochet yang dicari. Jika  ingin memancing  ikan brochet dari perahu dengan teknik troll, melempar dan menarik umpan mata kail bersendok/berlempeng, saya sarankan panjang joran minimum 2 mt sampai 2mt70. Untuk melemparkan umpan lebih jauh, joran bisa lebih panjang hingga 3 meter. Dan akhirnya kalau memancing dengan teknik jerkbaits menggunakan  umpan replika ikan, panjang joran harus maksimum (sampai 4mt50).

Kemampuan dan kekuatan joran

Brochet adalah ikan yang sangat kuat dan sering kali saat kontak pertama kita beradu dengan kelincahan dan kekuatan. Selain itu, memancing ikan brochet sering dilakukan di perairan bebas yang banyak hambatan. Dengan demikian, kekuatan joran harus cukup tinggi. Untuk mengetahui urutan kekuatannya, kita harus bisa memilih joran yang mampu melempar beban 20gr sampai 35gr, dan bahkan  lebih baik lagi kalau bisa meluncurkan beban seberat 80gr.
 
Kemampuan memancing sebuah joran didefinisikan oleh daya lenturnya, sebuah joran yang sangat kaku dikategorikan joran yang kuat. Untuk memancing brochet, tidak boleh menggunakan joran yang sangat fleksibel daya lenturnya karena tidak akan memungkinkan Anda melawan tarikan ikan brochet.
Jadi pilihlah joran yang kaku!

Teknik-teknik pemancingan ikan brochet

Banyak para pemancing lebih memilih dengan posisi tetap dan menunggu ikan untuk datang kepada mereka. Dalam lingkungan di mana ikan brochet hidup, diperairan yang panas atau dingin,dengan cara memancing begini, sangat mungkin ikan brochet besar yang akan  menelan umpan. Umpan yang dipakai ikan mas kecil yang hidup. Teknik memancing ini adalah untuk menarik perhatian ikan brochet yang berdiam di sarangnya.
Umpan ikan hidup kita lemparkan dan dipanteng di sekitar lubang air dimana ikan brochet akan datang mencari mangsanya. Getaran yang dikeluarkan oleh ikan hidup yang seolah-olah ikan sakit ini bisa merangsang ikan brochet keluar dari sarangnya dan menyerang umpan ikan hidup tadi. 

Umpan Ikan mati

Teknik memancing dengan memasang mata kail dibadan ikan mati yang kemudian  umpan ini dipakai untuk merangsang ikan predator. Umpan dilemparkan ketempat dimana ada kemungkinan ikan brochet menunggu mangsa. Umpan ikan mati kemudian di animasikan, digerak gerakan, ditarik dengan cepat, sampai dipinggir, ditarik keluar air, dilempar lagi ke daerah yang lain, ditarik lambat, kemudian cepat, hingga suatu saat kalau ikan brochet berada disitu, umpan ikan mati tersebut pasti akan disambar dan digigitnya. Teknik ini sangat ideal, dan disukai pemancing ikan brochet di Perancis, karena biaya umpan yang relatif terjangkau dibandingkan dengan umpan jig atau jerkbaits yang cukup mahal.

Memancing dengan  umpan ikan berenang

Umpan Ikan ikanan yang berenang merupakan replika sempurna dari seekor ikan berenang: yang akan menarik perhatian  ikan brochet dan merangsangnya untuk menyerang umpan tersebut. Ikan-ikanan tersebut  dengan panjang beberapa cm, berwarna cerah atau mengkilap memantulkan cahaya dan menarik perhatian. Umpan dibuat dalam berbagai jenis, dari yang berenang didasar, hingga yang berenang dipermukaan. Penggunaan teknik memancing ini sangat meyakinkan, jenis godaan  secara signifikan lebih besar dibandingkan daya tarik memancing  tradisional hanya saja teknik ini mengandung risiko banyak kehilangan umpan karena sangkutan yang sering terjadi .

Mancing dengan teknik Jig

Jig adalah jenis umpan dengan matakail yang menyerupai parasut besar. Berkat bentuknya,  risiko kecil terjadi sangkutan walau umpan menggantung di tanah yang tidak stabil. Di dalam air umpan jig  akan seperti ubur ubur yang akan membangkitkan dan memanggil naluri ikan brochet besar untuk menangkap umpan ini Tidak begitu dikenal di Perancis, teknik ini banyak digunakan oleh pemancing brochet  di Swedia.

Memancing dengan  teknik troll menggunakan mata kail bersendo

Troll adalah teknik umum memancing ikan dengan menggunakan matakail bersendok/berlempeng untuk ikan jenis brochet. Memancing dengan cepat dan aktif karena  pemancing bergerak di wilayah yang luas, sangat ideal jika  refleks anda untuk melempar dan menarik mata kail secara tepat yang akan merangsang ikan brochet menyergap mata kail.