Memancing Ikan = Melatih Kesabaran!

Memancing merupakan suatu kegiatan yang mengasikkan, dimana beban di otak hilang saat kita melihat air dan ikan, apalagi alangkah senangnya jika kita dalam seharian memancing dan dapat banyak sekali ikan. Mungkin dari hasil pancingan kita itu bisa kita jual atau kita bawa pulang sendiri, tetapi yang namanya memancing membutuhkan kesabaran ekstra, kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan atau kita lihat. Untuk memancing diperlukan sedikit keahlian khusus.

Kita tidak bisa memancing dengan mengandalkan nafsu dan emosi ingin mendapat banyak ikan, maka niscaya keinginan ini tidak akan berbuah manis, kecil kemungkinan terwujud. Pancinglah dengan kesabaran, karena setiap kesabaran itu pasti akan berbuah manis pada saatnya, begitu pepatah bilang.

Memancing tidak semudah kita mengambil ikan di aquarium, karena kita haruslah menunggu ikan yang kita pancing meraih umpan kita. Walaupun kita memiliki umpan, tidak semua ikan terkadang suka dengan umpan kita. Apalagi jika kita memancing di laut lepas, pemancing di laut lepas harus punya jiwa pemberani dan menyukai tantangan. Hanya pemancing yang menyukai tantangan yang akan menjalani hobinya mancing di laut lepas, danau, atau sungai. Memancing memerlukan modal yang cukup banyak, selain rasa kesukaan di hobi ini.

Tantangan yang harus dihadapi oleh para pemancing salah satunya adalah berasal dari si ikan, sebagai target pancingan. Perlunya mengenali karakter dari ikan-ikan di lokasi, karena tentunya ikan-ikan di alam bebas jelas berbeda karakter dengan ikan-ikan yang sengaja dipelihara untuk dipancing di lokasi pemancingan. Ikan di alam bebas cenderung memiliki karakter melindungi diri lebih baik.

Memancing dapat di kategorikan menjadi 2 bagian, yaitu fun fishing dan sport fishing. Fun fishing adalah kegiatan mancing untuk sekedar mencari kesenangan saja dan tidak ada target sasarannya, hanya perlu peralatan pancing yang sederhana dan biasanya di perairan dangkal dari segi perencanaannya juga tidak terlalu ribet. Sport fishing adalah kegiatan memancing yang dilakukan secara terkonsep sebagai suatu perlombaan, peralatannya pun sangat lengkap dan terjamin serta mengambil area di lautan lepas. Kedua kategori ini memerlukan karakter khusus pada si pemancing untuk melatih kesabaran di medan yang berat maupun yang ringan sekalipun. Hal ini dapat mengajarkan kita untuk mengendalikan diri dari sifat emosi.

(okkypedia)

1 Response

  1. Thomas says:

    Memancing di laut banyak Pilosofinya
    1. Melatih Kesabaran
    2. Ingat Selalu Kepada Allah Sang Pencipta
    3. Melatih Kontrol Diri
    4. Untuk yg sudah Menikah = Rumah tangga ibarat Perahu di tengah laut kadang ombak tenang, kadang ombak bergejolak. Kita harus bisa mengendalikan Rumah tangga kita supaya berjalan lancar walaupun gelombang menerpa dengan Ganas tetapi Rumah Tangga tetap Utuh. RUMAH TANGGA YANG SAKINAH