Umpan Hidup Dengan Rasa Buah

Dalam memancing kita sering menggunakan umpan hidup (live bait) seperti cacing, ikan kecil, udang, dll. Dalam memancing juga diperlukan inovasi dalam membuat umpan. Bagaimana kalau umpan hidup diberi rasa dengan menggunakan essence untuk membangkitkan selera makan ikan. Tentu dalam mancing, kalau hanya cacing saja terkadang kurang disukai makanya perlu adanya terobosan tersendiri dalam memodifikasi cacing ini agar kaya akan rasa yang berbeda misalnya rasa melon, semangka, durian atau rasa lainnya yang umum dipakai sebagai essen. Akan tetapi ada resiko yang harus diwaspadai, karena cacing bila kita campurkan dengan essence, resikonya akan mudah mati hingga ikan tidak lagi mau makan umpan cacing tersebut.

Saat ini cacing sudah banyak dibudidayakan dan diperjual-belikan salah satunya memang untuk kegiatan memancing, sehingga tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan umpan cacing. Untuk essence yang akan digunakan pun sudah banyak tersedia di toko-toko pancing, atau bisa membuatnya sendiri secara alami.

Mungkin kalau mencari cacing di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ada daerah tertentu yang tidak bisa lagi mencari cacing, karena cacing ini telah menjadi salah satu komoditas perdagangan maka cacing bisa dibeli dipenjual makanan burung atau toko pancing dengan harga kisaran Rp. 2.000,-/wadah. Perinsip kerjanya adalah, sari buah akan dihisap/dimakan oleh cacing bercampur dengan media, cacing yang telah memakan sari buah tersebut akan berbau seperti buah yang dijadikan essence.

Bahan-bahan :

  • Cacing hidup 5 wadah
  • Buah segar sesuai rasa yang diinginkan (biasanya melon/durian) bisa beli ditukang buah
Cara Membuat:
  • Ambil wadah yang cukup lebar dan tidak terpakai lagi sebagai media pembuat umpan, media ini harus bersih dari bau sabun, minyak dan lain sebagainya. Sangat bagus bila menggunakan besek/wadah bambu lalu isi dengan kompos organik yang dari daundaunan ataun serbuk gergaji. Tempatkan cacing pada wadah yang lebar dan mencukupi.
  • Media cacing yang didapat waktu pembelian cacing, pergunakan hanya 3 saja dari 5 wadah yang dibeli.
  • Ambil cacing yang akan dijadikan umpan lalu masukan dalam wadah yang sudah disediakan tersebut.
  • Letakkan Buah segar yang akan dipergunakan untuk rasa essen pada bagian atas, buah terlebih dahulu dikupas dan pergunakan bagian buah yang dimakan saja (kulit dan biji tidak diikut sertakan). Ganti setiap hari atau maksimal 2 hari sekali.
  • Taruh pada tempat yang terhindar dari matahari langsung dan usahakan tempat agak lembab. Simpan cacing pada tempat yang dingin dan sejuk minimal 7 hari.
  • Setelah 7 hari, Cacing siap digunakan.

Seminggu kemudian, cacing siap digunakan dan pasti baunya sudah seperti melon. Rasa buah yang dibuat tergantung sasaran ikan yang dituju.

Rasa dan Target Pancingan
– Cacing rasa Melon, biasa digunakan untuk mancing ikan Lele dan Bawal
– Cacing rasa Mangga, biasa digunakan untuk mancing ikan Bawal
– Cacing rasa Durian, biasa digunakan untuk mancing ikan Patin dan Mas
– Cacing rasa Semangka, biasa digunakan untuk mancing ikan Mujair dan Bawal

Sebagai tambahan informasi, bahwa cacing tanah ini selain dipakai untuk mancing juga sebagai :

  • Bahan konsumsi (dimakan): Thailand, Korea, Japan, China salah satu Negara yang mengimport.
  • Bahan Kosmetika: pencampur bahan pelembut kulit.
  • Bahan protein tinggi seperti, Mie Instant (Noddle dll)
  • Kebutuhan lainnya yang membutuhkan Protein tinggi.

(MJ Sanusi)

2 Responses

  1. safrudin ahai says:

    kalau untuk ikan baung rasa buah apa?

  2. Allain Budhi S says:

    kalau untuk ikan sepat pakai umpan cacing rasa buah apa ya omm?