• -6.153636, 106.792756

Metal Jig Untuk Jigging

Metal Jig Untuk Jigging

Metal Jig Untuk Jigging

Jigging, adalah teknik mancing menggunakan jigs. Pada dasarnya ada dua tipe: lead-head jig dan metal jig (metal jig sering disebut squid jig, iron jig). Lead head jig adalah mata pancing panjang biasa yang ujungnya (eye) dibalut atau di ‘tempel’ timah sebagai pemberat. Biasanya mata pancingnya di beri umpan buatan (paling populer cacing plastik, bucktail, maribou, nylon hair, dll.). Teknik mancing dengan lead head jigs adalah casting & retrieving seperti bass-fishing, walaupun kadang kadang digunakan juga untuk bottom fishing di air laut.

Metal jig awalnya digunakan oleh nelayan Norwegia di sekitar lautan utara untuk mencari giant cod jaman dulu. Model jig dari norwegia adalah diamond shaped dan sampai sekarang populer disebut ‘viking jig’. Beratnya dari 2 oz sampai 40 oz (1 kg). Banyak sekali variasi metal jig yang digunakan sekarang, tapi pada dasarnya metal jig adalah bongkahan timah/besi dibentuk ukuran & model tertentu (seperti diamond, cumi, ikan kecil, potongan ikan, dll.) dengan diberi warna & variasi tertentu ditambah mata pancing single atau double atau treble. Ada juga metal jig yang dikombinasi dengan bucktail atau bulu ayam di mata pancingnya.

Tergantung target ikan yang dicari, metal jig dapat digunakan untuk ‘bouncing bottom‘: jig diturunkan sampai ke dasar dan joran dinaik-turunkan menciptakan awan kecil karena dasar laut sedikit diacak, mengundang predator. Teknik lain adalah yo-yoing: jig diturunkan kedasar kemudian joran di naik-turunkan, lalu kenur digulung sedikit joran digoyang lagi, terus diulang untuk mengcover kedalaman dari dasar laut sampai permukaan. Sekali dapat strike biasanya target kedalaman sudah bisa dipersempit.

Teknik jigging yang paling berat adalah teknik ‘umpan panik’, dimana jig diturunkan kedasar sambil di setop beberapa kali untuk menciptakan kesan ‘injured baitfish’. Sampai dasar reel digulung secepat cepatnya, sambil jerking gagang joran untuk menciptakan kesan ‘frantic injured baitfish’. Sounds simple, tapi teknik ini memerlukan stamina yang luar biasa. Sekali coba biasanya ada dua kemungkinan: kapok atau jadi jigging-nuts!

Kenapa pakai metal jig tidak umpan segar atau umpan hidup? Karena hampir semua ikan yang didapat dengan menggunakan metal jig ukurannya jauh lebih besar dibanding jenis ikan yang sama didapat dengan umpan segar.

Karakteristik Metal Jig
Ada beberapa bentuk metal jig yang juga membawa implikasi pada efeknya di dalam laut. Hal ini tentunya telah diketahui oleh para pemancing laut. Mancing menggunakan metal jig pun mempunyai tujuan untuk menarik perhatian ikan. Ketahuilah bahwa umpan metal jig adalah yang terbaik di antara yang terbaik dari semua umpan pancing. Singkatnya, setelah manusia membuat kail pancing dari kayu, batu dan tulang, lalu ia menemukan jig.

Pemancing menyadari “sesuatu yang mengambang naik turun di dalam air” ternyata mengganggu konsentrasi berpikir ikan. Sebab gerakan/ goyangan/ jigging tersebut juga mengalirkan suatu arus yang menggoda ikan. Ikan akan berpikir bahwa itu adalah sebuah makanan yang mudah digapai.

Untuk mendukung penggunaan metal jig, maka joran pancing yang panjang juga perlu. Apalagi bila anda berada di atas kapal dan memancing di perairan yang agak dalam. Hal ini akan membantu anda bermain-main dengan naik-turunnya jig anda. Sebab joran panjang akan memudahkan permainan anda. Kalau bisa upayakan menggunakan metal jig yang bisa memantulkan cahaya yang baik.

Metal Jig berat di atas
Main ke bawah lebih enak turunnya. Sifat turunnya itu bisa meliuk-liuk atau menari-nari. Tatkala ditarik ke atas lebih cepat, lalu pas turun akan meliuk-liuk lagi.

Metal Jig berat di bawah
Kalau turun pasti akan lebih cepat, karena turunnya lurus kenceng langsung ke sasaran. Intinya adalah kebalikan dari metal jig berat di atas tadi. Bila PE atau Leader di posisi ini, maka waktu turun, maka menarinya kurang bagus, ditarik pun juga kurang bagus. Alias kurang menari-nari. Diperlukan tenaga besar untuk sering-sering menggenjotnya agar naik turun. Sebab naik turunnya sangat cepat. Bila PE atau Leader, maka goyangannya lebih bagus. Waktu naik goyangannya tidak seberapa, tetapi waktu turun goyangannya jadi lebih heboh. Sifatnya sama, yakni perlu tenaga untuk menggenjotnya naik-turun.

Memilih Metal Jig Yang Tepat
Bila anda memancing di tepi, seperti pantai atau tebing yang rendah, anda perlu metal jig yang lebih berat agar anda dapat melontarkannya sejauh mungkin. Begitupun bila anda memancing di perairan yang dalam, lebih dari 120 feet. Pilihlah warna kesukaan anda ketika berbelanja di toko pancing. Tetapi warna yang baik adalah sesuai dengan kedalamannya. Ingatlah bahwa kerja dari metal jig tidaklah perlu terlalu banyak getaran seperti swimbait. Hindari metal jig warna coklat atau krem.

One thought on “Metal Jig Untuk Jigging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>