“Ngeten” Cara mancing unik di Sabang

Teknik mancing jigging, popping, casting dan teknik mancing lainnya mungkin sudah anda coba, tetapi apakah anda pernah mencoba teknik mancing yang satu ini?, ya masyarakat sabang menyebutnya dengan teknik mancing “Ngeten”.

Teknik mancing yang satu ini merupakan perpaduan antara olahraga renang dan mancing. Kalau dalam pribahasa ada istilah “Sambil menyelam minum air”, maka istilah yang tepat untuk teknik mancing ngeten ini adalah “Sambil berenang mancing ikan”.

Memancing dengan cara ngeten ini hanya bisa dilakukan di perairan yang jernih airnya, karena ikan tidak akan terlihat jika airnya keruh. Tempat dimana kita bisa mencoba mancing dengan cara ngeten ini adalah di laut Sabang yang berhadapan langsung dengan kota Banda Aceh.

Disebut ngeten, karena pemancing bisa mengintip langsung ikan yang hendak disasar. Jernihnya air di Sabang memungkinkan kita melihat utuh jenis, ukuran, bahkan warna ikan target kita.

Berbekal peralatan snorkeling, pemancing bisa leluasa berenang dan setengah menyelam untuk kemudian melempar tali pancingnya dalam jarak dekat ke sasaran. Saat-saat menegangkan, ketika ikan menyantap umpan, bisa dia saksikan dari balik kacamata selam. Jadi, kita tinggal memutuskan saja kapan saatnya menarik tali pancing.

Memancing dengan cara ngeten ini memang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, terutama di lokasi wisata seperti Iboih, Rubiah, atau Gapang yang melarang mancing dengan cara itu. Hanya di perairan laut Sabang saja yang diperbolehkan, Jadi bagi anda yang mau mencoba merasakan mancing dengan suasana dan cara baru silahkan berkunjung ke Sabang. (aceh.tribunnews)