Teknik Melawan Ikan Saat Strike

Memancing akan terasa sangat mengasyikan ketika terjadi strike oleh ikan besar. Tetapi tidak jarang kita gagal untuk mengangkat ikan tersebut ke daratan alias lepas. Menaklukkan ikan (fight) adalah saat yang paling kritis, gerakan ikan yang berontak dapat melebihi kekuatan kenur sehingga dapat menyebabkan kenur putus.

Oleh karen itu selain tentunya piranti yang memadahi, juga diperlukan teknik khusus ketika terjadi strike ikan besar. Meskipun kadang keberuntungan juga menentukan.

Pertama kali yang harus kita lakukan ketika terjadi strike adalah, posisikan joran tetap tegak dan gulung reel secepat mungkin. Pemancing harus ekstra hati-hati terhadap gerakan tiba-tiba ikan yang berontak. Setelah itu atur setingan drag pada reel, jangan sampai terkunci penuh supaya kenur dapat terulur saat ikan kembali menjauh. Hal ini dilakukan agar senar tidak terlalu terbebani sehingga tidak mudah putus.

Tidak perlu terburu-buru saat meng-konter perlawanan ikan, lakukan dengan sabar dan gunakan perasaan dalam menghadapi perlawanannya. Jangan berusaha melawannya bila ikan masih berontak, mainkan saja dengan hati-hati hal ini bisa membuat ikan kehabisan tenaga.

Kesabaran juga dibutuhkan ketika fight, karena jika kita bernafsu untuk menaikkan ikan, yang terjadi justru ikan dapat terlepas atau putusnya senar. Ketika menaikkan ke daratan, siapkan dulu jaring atau peralatan yang lain untuk membantu menaikkan ikan. (berbagai sumber)