Teknik Melontar Umpan

Memahami cara melontar umpan adalah teknik dasar pertama yang sebaiknya dikuasai pemancing Ikan Mas. Umpan harus jatuh pada titik yang sama dengan titik yang telah diberi umpan penebar (bom). Semakin banyak umpan dilontarkan akan semakin baik titik lontaran (hotspot) yang sedang dibangun. Pemancing juga perlu tahu tempat-tempat potensial pada area pemancingan yang baik untuk dijadikan hotspot.

Kalau perlu latihan saja dulu cara melontar umpan yang benar di empang harian. Setelah mulai sedikit menguasai, bergabunglah dengan pemancing lain, lihat bagaimana pemancing lain melontar umpan. Dengan menguasai cara melontar umpan mancing Ikan Mas yang baik akan membuat titik binaan akan semakin potensial menghasilkan sambaran.

Untuk teknik dasarnya dapat dipelajari caranya di bawah ini:
Mula-mula atur pegangan tangan tepat pada gagang joran di mana ril duduk. Cara memegang joran dengan baik berguna pada saat nanti menggentak dan ketika menaklukkan ikan, tenaga tangan akan lebih mudah disalurkan secara optimal. Kesalahan memegang joran pada pegangan bagian pangkal ujung malah menjadikan beban tarikan semakin bertambah berat. Untuk lemparan yang dekat pemancing cukup mengayunkan umpan saja tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang di tuju teknik ini dinamakan under arm cast/ lontaran jarak dekat.

Cara melontar umpan jarak dekat (under arm cast):

  • Buka bail arm tahan kenur dengan ujung telunjuk.
  • Arahkan ke tempat yang dituju.
  • Sambil tangan bergerak ke arah depan, lepaskan kenur yang ditahan ujung telunjuk dan lontarkan umpannya.

Teknik lontaran atas kepala (over head cast):

  • Buka kawat pengaman ril (Bail Arm) dan tahan kenur dengan jari telunjuk.
  • Pegang joran lurus ke depan searah badan, arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan.
  • Gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah belakang sehingga umpan turut pula mengayun ke belakang.
  • Bila saat itu masih ragu, gerakan joran kembali kedepan. Kembali ayunkan umpan ke belakang dengan menggerakkan joran lurus dengan kepala.
  • Saat umpan terayun ke belakang, lontarkan umpan bersamaan dengan arah balik ayunan umpan ke depan dengan gaya seperti menyabet dengan joran, jangan lupa melepas kenur yang tadi ditahan dengan jari.

Bila gerakan dilakukan secara benar maka siapapun pemancingnya tak akan kecewa dengan hasil lontaran, berlatihlah terus hingga dirasa telah cukup.

(Sumber : mancinginfo)