Teknik Mendaratkan Ikan

Untuk mengangkat ikan ke daratan, ada beberapa tehnik yang bisa digunakan. Tehnik ini memungkinkan kita untuk menentukan apakah ikan akan kita lepas/ release lagi atau akan dibawa pulang untuk diolah.

Yang pertama adalah tehnik mouth pick-up, yaitu cara mendaratkan ikan dengan memegang bibir ikan. Biasanya cara memegang bibir atau mulut ikan ini menggunakan jempol dan jari telunjuk kemudian mengangkatnya perlahan ke daratan. Tehnik ini cukup aman terhadap ikan yang akan kita lepas kembali, karena tidak mengakibatkan luka pada ikan.

Tehnik yang kedua ialah tehnik gaff landing, yaitu cara mendaratkan ikan dengan menggunakan tombak ikan. Ikan yang sudah lemas dan sudah dekat kemudian di gaet dengan menggunakan tombak ikan tersebut untuk kemudian diangkat ke daratan. Jangan menggunakan tehnik ini jika anda berniat untuk melepas kembali ikan tersebut. Karena penggunakan tombak ikan ini jelas akan membuat ikan terluka semakin parah sehingga ikan akan mati.

Berikutnya adalah tehnik Netting, yaitu cara mendaratkan ikan dengan cara di jaring. Tehnik ini banyak digunakan oleh para pemancing karena lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, tehnik ini juga aman untuk ikan yang akan dilepas kembali.

Yang terakhir adalah Eye pick-up, yaitu dengan cara menekan kedua mata ikan sehingga ikan tidak berdaya dan mudah untuk mengangkatnya ke daratan. Tehnik ini juga tidak boleh digunakan ketika kita akan melepas ikan itu kembali ke air, karena tehnik ini jelas akan merusak mata ikan dan bahkan bisa membuat ikan tersebut mati.

(takemefishing)