Teknik Menggentak Joran

Teknik Menggentak Joran

Cara menggentak joran (strike) yang benar agar ikan dapat terkait terutama bila rangkaian yang digunakan memakai pelampung. Gerak menggentak joran dapat digolongkan sebagai gerakan yang refleks. Untuk itu latihlah gerak refleks tersebut, sehingga tangan terlatih untuk segera meraih joran.

Setelah ada isyarat dari pelampung atau kenur, seperti yang telah diurai di seksi sebelumnya. Raih joran dengan memegangnya pada pangkal joran tepat di dudukan ril penggulung, posisi jari telunjuk ada didepan gagang penggulung jari lain berada di belakangnya. Menggentak joran saat umpan dimakan ikan dapat menjadi sebuah gerak refleks bagi pemancing.

Gentakkan joran jauh ke arah belakang kepala secara cepat, usahakan jangan mengendurkan kenur dan baca gerak ikan dan mulailah mengajarnya. Gerak menggentak yang benar adalah dengan menggerakkan persendian lengan. Arah gentakan berlawanan dengan arah berupa garis lurus yang dibentuk kenur. Bila posisi lontaran umpan hanya sepanjang joran atau di depan lapak, gentakan bisa dilakukan ke arah atas atau ke samping kanan maupun kiri.

Pada posisi ekstrim, dimana umpan berada jauh dari posisi pemancing dan rangkaian yang digunakan adalah sistim pelampung ditambah lagi kedalaman air lebih dari 1 meter, maka gerak menggentak joran dilakukan sambil mundur beberapa langkah ke belakang atau dapat juga dengan cara menjatuhkan diri secara terlentang ke belakang. Hal ini di maksudkan untuk memperkecil kelebihan jarak akibat bentangan kenur.

(sumber : mancing)