Teknik Menyerok Ikan

Setelah melakukan pertarungan dengan ikan pancingan yang menyambar umpan anda saat strike, ikan akan kehabisan tenaga, lemas, dan tidak melakukan perlawanan, saat itu barulah ikan diangkat atau dinaikkan ke daratan. Bila Ikan telah menyerah, ditandai dengan bergulingnya tubuh ikan atau kepalanya yang mendongak di atas permukaan air, segeralah untuk menyerok ikan.

Namun bila ikan menyerah pada jarak yang belum dapat diserok jangan gulung kenur karena akan menyebabkan ikan tenggelam lagi kepalanya ke air dan kembali melakukan perlawanan, untuk mendekatkan ikan yang menyerah itu lakukan dengan mundur beberapa langkah ke belakang sehingga aman untuk diserok. Menyerok ikan memang terkesan kegiatan yang sangat sederhana, bahkan tidak sedikit yang menyepelekan kegiatan ini. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyerok ikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara yang benar menyerok ikan:

  1. Bila ukuran ikan cukup besar, jangan mengangkat langsung dengan kenur atau joran, karena bibir ikan mudah robek, kenur bisa putus atau joran yang akan patah.
  2. Gunakan seser untuk mengangkatnya. Ikan yang menyerah biasanya badannya akan terguling atau bagian kepalanya telah mendongak keluar dari air, serta gerakannya pun sudah tidak liar lagi.
  3. Benamkan seser hingga benar-benar tenggelam, arahkan ikan ke seser, lalu serok dari bawah ikan.

Adakalanya pemancing lupa membawa seser. Bila terpaksa, maka pemancing sendiri yang harus mengusahakan agar ikan dapat dinaikkan ke darat. Perkirakan ukuran ikan, kalau memungkinkan boleh saja mengangkatnya langsung memakai joran. Bila takut mengakibatkan patahnya joran, pegang kenurnya dan angkat ikan atau lebih amannya pegang di kili-kili yang ada pada leader (tali pandu) atau kili-kili pada rangkai pancing.

Jika semua hal tadi riskan dilakukan. Pemancing harus benar-benar menaklukan ikannya hingga menyerah. Lalu dengan joran di tangan kanan, dekatkan ikan ke tepian. Masukkan tangan kiri ke air, tangan berfungsi sebagai penyangga, sangga ikannya dan pegang ikan pada bagian bawah daerah perut dengan lembut lalu angkat ikan secara cepat ke darat.