Mancing Trolling Memiliki Tingkat Kesulitan Tinggi

Persiapan mancing cara trolling
Memancing dengan teknik trolling sudah umum digunakan para pemancing laut dalam memburu hewan penghuni lautan; ikan. Memancing dengan sistem trolling memiliki tingkat kesulitan yang cuku tinggi, karena selain dibutuhkan keterampilan dari pemancing dalam menguasai teknik tersebut untuk mendapatkan ikan, pengemudi kapal juga berperan penting dalam sukses tidaknya mancing trolling.

Saat menarik perhatian ikan juga membutuhkan keterampilan dari pemilik kapal. Bagaimana ia mengatur kecepatan kapal kira-kira sampai umpan kelihatan melayang di permukaan air dan keahlian dalam mengatur perputaran arah kapal. Ketrampilan juru mudi juga penting pada saat fight dengan ikan sasaran. Mengingat sasaran dari mancing trolling juga besar bahkan bisa lebih besar dari tubuh pemancing sendiri, arah haluan kapal juga harus tepat sehingga saat ikan menyentak tali pancing, tubuh dari pemancing tidak sampai terbawa oleh ikan. Dengan kepandaian dari pemancing dan pengemudi kapal maka ikan bisa diangkat dari air.

Alat untuk mancing trolling
Memancing trolling biasanya menggunakan joran sebagai pengaman. Joran yang baik adalah yang terbuat dari fiberglass atau sekarang sudah terdapat beberapa joran yang terbuat dari serat karbon. Panjang dari joran yang baik adalah maksimal 1,5 M.

Joran juga dilengkapi dengan penggulung atau reel untuk memudahkan penggulungan senar. Reel yang baik terdapat kuncian untuk menahan beban dengan kekuatan tertentu. Penggulung atau reel yang baik biasanya memiliki gigi dari stainless steel sehingga mampu menahan
beban besar.

Umpan Untuk Mancing Trolling
Target sasaran pemancingan trolling cukup besar, mata pancing yang digunakan pun haruslah cukup besar nomor 5-7. biasanya kalau umpan yang anda gunakan umpan buatan sudah terdapat mata pancing sesuai dengan ukuran dari umpannya. Untuk senar anda bisa menggunakan yang monofilament tentu saja dengan memperhatikan kekuatan dari tarikan ikannya.

Untuk menyambung senar dengan mata pancing sebaiknya anda menambahkan tambahan sambungan berupa serat kabel baja yang berukuran kecil sepanjang kurang lebih 1 – 1,5 M untuk melindungi senar dari tajamnya gigi-gigi ikan. Senar juga harus cukup panjang sehingga saat fight dengan ikan tidak sampai kekurangan senar.

Kecepatan Trolling
Umpan alami yang dipergunakan saat trolling tidak boleh ditarik dengan kecepatan tinggi lebih dari 5knot. Sementara beberapa type artificial lure dapat ditarik dengan kecepatan di atas 5knot. Beberapa jenis lainnya akan melompati permukaan air jika beratnya kurang dalam kecepatan di atas 5knot.

Keuntungan menarik umpan/lure dengan kecepatan tinggi adalah apabila ikan memakan lure maka dengan sendirinya kail yang ada pada lure akan menancap pada mulut ikan, jadi pemancing tinggal memainkan drag pada reelnya dengan baik, sambil menarik ikan ke arah boat.

Jika trolling di antara rombongan tuna atau rombongan ikan jenis lainnya, sebaiknya terapkan kecepatan antara 6-12knot untuk mendapatkan gigitan ikan yang lebih baik dan sering.

Ketika trolling melintasi lautan terbuka, kecepatan tinggi bisa dilakukan dalam upaya mencapai daerah karang berikutnya. Selain itu juga untuk mendapatkan kesempatan bertemu dengan ikan-ikan yang terpisah dari rombongannya.

Kecepatan rendah sangat dianjurkan (di bawah 5knot) bila trolling dilakukan di laguna ataupun di sekitar sebaran-sebaran karang, sebab ikan di daerah ini cenderung berdiam di habitatnya karena ikan di daerah ini masing-masing mempunyai daerah territorial sehingga tidak akan mengejar lure yang terlalu jauh dari sarangnya. Selain itu juga ikan-ikan daerah karang bukanlah perenang cepat.

Kesimpulan dan pengertian mancing trolling
Teknik memancing trolling merupakan teknik memancing permukaan, disebut demikian karena teknik ini mencari ikan yang sering berada berada di permukaan air laut seperti ikan tuna, cakalang, lemadang dan marlin. Jenis ikan tersebut memiliki kebiasaan untuk makan di permukaan air yaitu sekumpulan ikan yang menjadi santapan mereka, contohnya ikan teri dan ikan belanak.

Maka sebagai umpannya para pemancing menggunakan umpan tiruan yang menyerupai ikan tersebut diatas. Dengan umpan tiruan keuntungannya adalah dari segi keawetannya tentu saja umpan buatan tidak akan hancur jika terkena ombak saat dipasang dan ditarik dengan perahu.

Memancing sistem trolling memang membutuhkan perahu sebagai alat utama. Dengan cara menaiki perahu umpan ditarik sedemikian rupa sehingga menarik ikan pemangsa seperti marlin untuk menyantapnya. Umpan ikan dipilih yang memiliki warna yang cerah dan berkilau seperti warna ikan aslinya. Penggunaan warna terang akan menarik ikan pemangsa untuk mengejarnya.


2 Responses

  1. herwin win says:

    jenis umpan yang dipilih untuk teknik mancing trol ling seyogyanya adalah jenis yang ketika ditarik tidak mengapung diatas air, karena ketika umpan mengapung cenderung akan i melompat keudara saat ada gelombang. jenis umpan dianjurkan yang dapat sedikit menyelam dibawah permukaan, sehingga ikan pemangsa akan melihatnya secara jelas

  2. herwin win says:

    jenis umpan yang dipilih untuk teknik mancing troling seyogyanya adalah jenis yang ketika ditarik tidak mengapung diatas air, karena ketika umpan mengapung cenderung akan i melompat keudara saat ada gelombang. jenis umpan dianjurkan yang dapat sedikit menyelam dibawah permukaan, sehingga ikan pemangsa akan melihatnya secara jelas