• -6.153636, 106.792756

Umpan Mancing Belanak

Umpan Mancing Belanak

Umpan Mancing Belanak

Ikan belanak merupakan salah satu ikan air tawar yang juga banyak dikonsumsi masyarakat karena dagingnya yang gurih dan lezat. Ikan belanak adalah jenis dari ikan muara, hidupnya berkelompok dan terkenal rakus. Tapi seringkali kita menemukan ikan belanak yang susah makan pancing, hal ini biasanya dikarenakan ikan belanak di lokasi tersebut sudah terlalu sering dipancing atau lagi tidak musim.

Umpan alami yang biasa digunakan untuk mancing ikan ini adalah lumut, tetapi apabila lumut tidak ada maka bisa menggunakan umpan racikan sendiri. Ada beberapa resep ramuan umpan yang disesuaikan dengan lokasi dan kondisi tempat dimana nanti anda akan memancing. Yang perlu diingat bahwa cara membuat umpan semua hampir sama, yang berbeda hanya bahan dan cara mancingnya. Kadar keasinan pada air menentukan jenis ramuan umpan mana yang akan kita gunakan.

Sedikit catatan bahwa air yang asin dan air tidak asin atau payau tidak bisa kita gunakan dengan umpan yang sama, maka sebelum membuat umpan telitilah keadaan air sehingga kita tidak percuma dalam membuat umpan karena yang kita harapkan ikan akan memakan umpan yang kita buat. Nah berikut ramuan umpan yang bisa anda coba:

Umpan 1
Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 1/2 kg
  • Telur ayam 2 butir
  • Margarin 4 sdm
  • Garam 10 sdm
  • Essen (pengharum roti)

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin hingga mencair.
  2. Larutkan garam bersama esen dengan 1/4 liter air.
  3. Masukan telur serta air larutan garam dan esen pada tepung terigu sedikit demi sedikit sambil aduk, kocok, remas-remas sampai adonan merata.
  4. Kukus adonan selama kira-kira 30-60 menit.
  5. Angkat adonan tersebut dan di tumbuk-tumbuk selagi panas-sampai adonan dingin.

Umpan 2
Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 1 kg
  • Minyak goreng 1/4 kg
  • Margarin 4 sdm
  • Garam 10 sdm
  • Marimas rasa mangga 2 sendok teh

Cara membuat:

  1. Campur gandum, minyak dan margarine sampai rata.
  2. Kemudian baru campurkan air beserta marimas, aduk sampai rata.
  3. Masukkan ke dalam plastik dan ikat yang kuat.
  4. Lalu dikukus hingga betul-betul masak. Selama 60 menit.
  5. Jika bahan sudah masak langsung di tumbuk selagi panas sampai adonan dingin.

Umpan 3
Bahan-bahan:

  • Gandum/tepung terigu 1 kg
  • Vanili 1 sendok teh
  • Margarin 5 sdm
  • Gula 1/4 kg
  • Santan yang dibuat dari kelapa + air kelapa
  • Essen buah 2-3 sdm
  • Garam 10 sdm (takaran bisa disesuaikan dengan kondisi air)

Cara membuat:

  1. Campur gandum,margarin,gula dan vanili sambil diaduk hingga merata.
  2. Kemudian tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni dan diaduk hingga adonan merata.
  3. Kukus adonan selama 60 menit, setelah matang kemudian ditumbuk sampai adonan mengenyal seperti jenang.
  4. Umpan siap untuk digunakan.

Untuk ramuan umpan yang ke 3, bila anda belum mengetahui kondisi air tempat memancing, umpan dibuat menjadi 2. Umpan yang satu dibikin asin (takaran garam ditambah), dan umpan yang satunya lagi dibuat gurih. Pertama kali memancing sebaiknya kita kasih umpan yang agak besar, bila ikan sudah mulai makan kasih saja umpan yang agak kecil kira-kira seukuran kelereng.
Selamat mencoba!

(infomancing-mania)

15 thoughts on “Umpan Mancing Belanak

    1. Admin Post author

      @Sang Pemancing : Artikel yang ada di website IFT Fishing ini memang tidak semuanya kami buat sendiri, ada yang kami ambil dari website/artikel lain. Jadi kalau ada kesamaan dengan artikel di website lain harap dimaklumi karena sumber beritanya bukan hanya dari satu website saja. Terima Kasih.

  1. irfan

    tangkiyou tangkiyou aku senang bANGET PENJELASANMU AKU AKAN BUAT SEKARANG DAN LANGSUNG PERGI MANCING TIRIMSSSSSSSSSSSSSSSSS OH TRIMS………………..

  2. irfan

    umpannya cocok tapi caranya yang sulit karena ikan balanak mempunyai mulut yang tipisdan kecil cara makannyapun beda dengan ikan lain balanak menyedot makamnannya dan membuangnya kembali jadi tolong teman teman memberi tau cara yang terbaik utuk mendapatkan dengan teknik yang betul jgan hanya bercanda soalnya dikampung saya banyak balanak yang seukuran ikan bandeng. ok trimss

  3. Enuh

    mas, sy minta imfonya untul oles umpan pancing ikan belanak yang bagus apa? dan adanya dimana?, lokasi pemancingan saya disungai muara dengan air pasang surut, rasa air payau kadang asin,
    tks….

  4. damas ambara

    dt4 saya kalau mancing belanak model mbandul.istilah wong jogja .biasanya mancing di muara depok kalau nga ya di muara glagah .djogja udah kelas tinggi umpan bermacam macam ramuan .kasaran nya apik2an pakan . 085712355611

  5. Agam cakep

    Umpan no 3 pas bnget dg umpan yg biasa aq pake. Tp kok g pake kanji ya? (pengenyal) supaya umpan tidak mudah ancur kena air.

  6. anakkali

    @mas damas.sy dr purworejo mohon mnta resep bikin bom yg paling bagus dtempat panjenengan. Sy mancing d congot/glagah msti kalah umpan sm orang jogja slh satunya Dalijo.maturnuwun.

  7. aan

    saya baru pulang mancing di wilayah pekalongan hari ini gatot,, tapi minggu kemarin dapat banyak dan besar, mungkin sdh mulai musim angin kenceng jadi ikan takut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>