Umpan Udang Hidup

Dalam memancing di Laut umpan udang adalah salah satu umpan yang favorit yang disenangi para pemancing, terutama saat memancing dasaran. Dalam memancing di dasar laut seperti ini hampir semua jenis ikan karang menyukainya, ikan kakap, ikan kerapu, ikan hiu karang, dan masih banyak macam ikan pemangsa memakan umpan udang. Udang adalah hewan crustacea yang terkenal sebagai sumber makanan penting bagi hewan–hewan laut dan berbagai jenis ikan.

Umpan udang digunakan dengan dua macam cara, yakni udang kupas dan udang segar yang hidup. Dua–duanya memiliki target sasaran tersendiri sehingga dengan membawa umpan hidup bisa mencari berbagai macam ikan. Umpan udang hidup biasanya dijual di pasar – pasar ikan tradisional yang menjual ikan segar langsung dari laut. Disamping menggunakan udang hidup, udang mati juga dapat digunakan untuk mancing karena banyak jenis ikan senang makan udang mati apalagi kalau dikupas. Ikan baronang misanya, sangat senang makan udang mati yang dikupas.

Umpan udang tersebut agar tetap segar dalam kondisi lama dapat disimpan di dalam kotak sterofoam yang berisi es batu. Kotak umpan udang tersebut di buat dengan memiliki 2 tingkatan, tingkatan pertama berisi es batu yang masih utuh, tingkatan yang kedua sebagai tempat udang dan memiliki rongga alias berlubang – lubang sehingga udara dingin dapat langsung mengenai udangnya tetapi udang tidak langsung tersentuh dengan es batunya. Dengan cara tersebut udang dapat mati suri alias hanya hybernasi. Dengan kondisi tersebut udang dapat bertahan dalam jangka waktu berhari – hari tanpa mati.

Pemancingan dengan menggunakan udang hidup biasanya dengan memasukkan mata pancing ke ekor udang agar udang hidup tidak mudah mati dan selanjutnya memasukkannya ke dalam air. Kondisi udang yang masih hidup menyebabkan umpan ini menjadi bergerak – gerak secara alami sehingga lebih menarik ikan pemangsa. Kondisi segar udang menyebabkan umpan udang juga lebih disukai ikan. Dalam memancing ikan di dasar laut, umpan yang tepat adalah kunci keberhasilan pemancingan itu sendiri..

2 Responses

  1. Obin says:

    Mesti coba ni…

  2. Agustinus says:

    Thnks infony,trus tmpat udang trsbt keadaan tertutup/terbuka?