Mancing Kakap

Mancing Kakap

Mancing Kakap

Ikan kakap merah atau dalam bahasa inggris disebut Red Snipper adalah jenis ikan laut yang sangat populer di kalangan pemancing. Dengan besar ikannya yang bisa mencapai ukuran 2-4 kg bahkan lebih, memancing ikan kakap merah menjadi incaran para pemancing karena memiliki tantangan tersendiri. Dengan teknik memancing yang memadai disertai kesabaran dan kejelian yang tinggi, kakap merah akan sukses dibawa pulang.

Untuk bisa sukses memancing ikan kakap merah diperlukan teknik yang tepat, untuk mendapatkan hasil yang melimpah. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi panduan dalam memancing kakap:

Peralatan Pancing : Peralatan mancing yang digunakan untuk memancing kakap merah ini adalah peralatan mancing standar kelas ringan. Dengan Joran kelas 4 kg sampai 8 kg, Kenur 8 – 20 lbs, Ril spinning (4000), Mata kail 1-7 tergantung merk, Leader Fluorocarbon , sudah bisa digunakan untuk berburu kakap merah.

Tempat : Ikan kakap termasuk ikan dasar perairan laut. Ikan ini akan bertempat tinggal dan berembunyi di karang-karang dan di dasar perairan. Carilah lokasi yang banyak terdapat karang-karangnya. Kebanyakan adalah rumpon-rumpon baik alami atau buatan, serta dekat kapal-kapal yang karam. Sehingga merupakan tempat persembunyian terbaik untuk berbagai jenis ikan.

Umpan : Sebagai ikan dasar, ikan kakap merah memiliki pola hidup paling banyak di dasar laut, dengan makanan pokoknya adalah ikan kecil, udang, cumi kecil dan siput dll yang tentu saja ada di dasar laut. Umpan yang digunakan bisa berupa udang, cumi, gurisi, ikan kembung, tembang dan selar. Untuk mengecoh ikan tersebut gunakan pula umpan alami seperti makanannya seperti udang dan cumi, bahkan ada juga yang memberi makanan umpan dari ikan kecil yang lain seperti ikan kue, ikan meniran yang di potong-potong kecil. Dengan menggunakan pakan alami dalam keadaan segar kemungkinan besar ikan kakap akan dapat mudah ditangkap.

Teknik : Teknik mancing yang bisa digunakan yaitu mancing dasar/ jebluk atau teknik lain yang bisa digunakan adalah koncer yaitu mancing dengan menggunakan umpan hidup. Karakteristik ikan kakap merah yang sangat kuat akan menambah sensasi strike saat menaklukannya. Teknik memancing ikan dasar juga harus anda praktekan, gunakan senar yang cukup panjang dengan panjang minimal 30 m-100 m sesuaikan dengan kedalaman laut. Gunakan kualitas senar pancing yang baik dengan kekuatan minimal 5 lbs, sehingga jika anda mendapat ikan dengan berat yang besar anda mampu menariknya. Pasanglah mata pancing atau kail yang sesuai dengan target sasaran anda pilih yang cukup besar. Buatlah cabang dari senar utama sebanyak 3 sampai 4 mata kail dengan pemberat utama yang beratnya cukup sehingga tidak terombang-ambing arus dasar lautan. Dan beri jarak antara dasar pemberat sampai cabang pertama kail sepanjang kurang lebih 1 M sehingga tidak sampai mata kail tersangkut batu karang.

3 thoughts on “Mancing Kakap

  1. Nuno

    Ikan kakap mmg memiliki tantangan yg hebat tdk seperti kerapu atau sunu,, dan daru pengalaman sy mancing ketiga jenis ikan ini ikan kakap yg paling susah,, ikan ini tdk langsng menelan umpan,, sy slalu memakai udang hidup,, dan dari berbagai jenis umpan cuma udang hidup yg paling bagus,,, cepat dapatx,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>