Membuat Mata Pada Artificial Lure

Membuat Mata Pada Artificial Lure

Membuat Mata Pada Artificial Lure

Untuk membuat artificial lure yang dapat diandalkan untuk menangkap ikan, kita harus mengerti dulu mengenai apa yang disebut dengan pemicu respon atau pemicu reaksi. Pemicu respon adalah salah satu karakteristik lure yang membuat ikan predator merasa terpaksa untuk menyerang lure. Banyak opini yang beredar diantara para pembuat lure mengenai  bagian mana dari sebuah lure yang sebenarnya menjadi pemicu respon yang benar benar akurat. Kesimpulan umum dari fakta fakta yang ada, ternyata bahwa bagian matalah yang merupakan  satu dari sekian pemicu respon yang paling efektif.

Penelitian menyatakan bahwa secara virtual semua predator dan mangsa berkomunikasi melalui kontak mata (seperti melakukan dan menghindari kontak mata). Predator dan ikan mangsa berusaha menterjemahkan  dan memahami satu sama lain dengan memantau reaksi dari mata masing masing. Sebagai contoh, pupil mata ikan predator  secara khas akan menjadi kecil sekali disaat sedang menyerang mangsa, sementara ikan mangsa akan pupil matanya akan membesar disaat sedang diserang atau ketika ketakutan.

Sebagai tambahan, hubungan antara posisi pupil mata  dengan poros badan ikan (kemana ikan menghadap) dapat membantu predator untuk mengantisipasi kearah mana ikan mangsa akan lari. Ketika pupil mata mangsa membesar, itulah tanda bahwa ikan mangsa sudah ketakutan dan siap berlari dan predator akan  menyerang dengan sudut yang menghalangi arah lari ikan mangsa. Ketika membuat mata pada artificial lure, buatlah bentuk pupil mata menghadap/ menatap kearah  tali pancing, sehingga ikan predator dapat mengantisipasi  untuk mencegat lure dari arah depan dan akhirnya membuat kontak dengan mata kail.

Mata Artificial Lure

  • Pupil mata harus besar dibanding dengan besar keseluruhan mata.
  • Jika membuat mata hanya dengan satu warna, maka buatlah warna  mata lebih gelap daripada badan lure.
  • Pupil mata harus selalu dibentuk menatap pada tali pancing.
  • Garis mata harus lebih kontras disbanding keseluruhan warna lure.

Menggambar mata pada artificial lure

Tehnik menambahkan gambar mata pada lure sangat banyak, contoh dengan menempelkan sticker, mengecat, mencetaknya, menempelkan paku paying. Tehnik yang paling mudah dan baik adalah dengan menggunakan tehnik tetesan paku, yaitu meneteskan cat melalui sebuah paku (kepalanya)  ke permukaan lure yang akan diberi mata dan membiarkannya menjadi berbentuk sebuah lingkaran. Selama proses ini kita harus berhati hati agar kepala paku tidak benar benar menyentuh permukaan lure, satu satunya yang boleh menyentuh lure hanyal tetesan cat. Gunakan paku yang berbeda ukuran untuk menadapatkan kreasi mata dengan diameter yang berbeda.

(mancing-soroako)

2 thoughts on “Membuat Mata Pada Artificial Lure

  1. rafdi

    Saya sebenarnya orang Padang yang berdomisili di Pekanbaru, Kalau pulang ke Padang saya selalu sempatkan memancing ke Bungus dekat TPI, seperti baru -baru ini sebelum masuk puasa kemaren tanggal 28,29 dan 30 Juli 2011, saya memancing di dermaga TPI memakai umpan udang segar dan teknik dasar yang tim kami dapatkan cuma ikan baronang, ikan gabua (kuwe) dan pinang -pinang sebesar 3 jari. itupun cuma sekitar 3 sampai 4 ekor sekali trip mancing. Pernah sih disambar ikan kerapu seukuran betis orang dewasa, begitu strike langsung fight dan sewaktu ikan sudah nampak dipermukaan tiba -tiba broncos alias lepas bukan karena putus tapi kail karbon no. 3 lepas dari mulut si kerapu. Kecewa berat dan sakaw dibuatnya ! jadi setelah membaca artikel ini saya ingin belajar memancing pakai lure di Bungus nanti kalau pullkam lagi. Kasi ilmu dong tentang lure yang cocok untuk untuk mancing kerapu dan ikan kuwe berukuran lumayanlah mis. 1 kg – 5 kg. . Baik itu warna, type dan ukurannya. Trims Rafdi di Pku.
    Hp 081275227722

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>