Senar Bag.2 : Karakteristik Senar

Senar Bag.2 : Karakteristik Senar

Senar Bag.2 : Karakteristik Senar

KARAKTERISTIK SENAR

Kekuatan ( Strength )

Kekuatan senar adalah seberapa mampu senar tersebut dapat menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm/mnt (diadopsi dari cara pengujian Inggris). Kemudian senar di uji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

Kekuatan Ikat Senar ( Knot Strength )

Kekuatan ikat senar adalah kekuatan ikat pada simpul dimana senar akan putus di simpul. Pada umumnya kekuatan di ukur dengan pons ( Lbs ) atau Kg ( Kilogram ). Test kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan membuat simpul pada tengah-tengah senar yang kan di uji sampai senar putus pada simpul.

Perpanjangan Senar ( Elongation )

Senar akan mengalami perpanjangan atau mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar tersebut. Tes juga dilakukan dengan cara menarik senar sampai titik maksimal senar akan putus.

Ketahanan Gesek ( Abrasion Resistance )

Ketahanan gesek senar adalah senar yang tidak mudah terkikis atau abrasi apabila terkena batu karang, penunutun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada ril. Tes dilakukan dengan menggesek senar sampai putus menggunakan amplas yang berputar da dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran yang di dapat menunjukan senar semakin tahan terhadap gesekan.

Kelenturan ( Flexibility )

Kelenturan senar adalah resistensi senar saat ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resistensinya menunjukkan senar semakin kaku.

PENJELASAN SENAR IGFA CLASS

IGFA ( International Game Fishing Asssociation ) Class adalah suatu peraturan standarisasi tentang senar. Sebagai contoh, apabila senar yang bertanda IGFA Class mempunyai kekuatan 10 Kg, maka senar akan putus apabila dibebani melebihi dari 10 Kg. Dibandingkan dengan senarĀ  lain yang tidak ada label IGFA Class kemungkinan senar akan putus di bawah 10 Kg.

Gambar diatas adalah merupakan contoh senar yang berlabel IGFA dimana kekuatannya yang tercantum di dalam kemasan sudah tidak diragukan lagi kebenarannya.

Untuk mencapai rekor kelas tertentu, maka senar yang digunakan pemancing akan di tes kekuatannya sesuai klaim rekor, semua senar yang berlabel ataupun yang tidak berlabel IGFA harus di tes untuk validasi senar yang digunakan.

TIPS MEMILIH SENAR

Dalam memilih senar kita harus mengetahui terlebuh dahulu tujuannya, apakah untuk tujuan komersil atau hobi saja. Apabila tujuan kita hanya untuk komersil saja, maka dalam memilih senar tidaklah serumit memlih senar untuk hobi. Berbeda dengan hobi, banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih senar, seperti ikan apa yang ingin dicari, tipe mancing yang digunakan ( trolling, spinning dan lain-lain) untuk perlombaan atau tidak, strength ( kekuatan ) biasanya biasanya dalam satuan lbs ( Pon ) atau kilogram (Kg) dan juga diameternya.

Tips membedakan senar nylon dan fluorocarbon yaitu dengan cara dibakar, untuk senar nylon api akan menyala dan untuk senar fluorocarbon api tidak bisa menyala sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>