Tips Memilih Reel

Tips Memilih Reel

Tips Memilih Reel

Reel atau penggulung senar merupakan salah satu bagian penting dari perlengkapan memancing yang juga harus diperhatikan penggunaannya. Fungsi Reel adalah memudahkan pemancing menarik ikan atau melempar umpan. Selain teknik apa yang akan digunakan saat memancing, hal lain yang juga harus diperhatikan dalam memilih reel adalah ukurannya. Bagaimana dan apa yang harus diperhatikan dalam memilih reel pancing? Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih reel pancing, antara lain:

Memperhatikan Kualitas Drag System Reel Pancing
Sistem drag pada spinning reel adalah salah satu aspek yang paling penting dari reel itu sendiri. Drag bertanggung jawab untuk memberi tekanan kepada ikan yang terpancing dan membiarkan senar keluar selama pertempuran. Tanpa drag halus berkualitas tinggi risiko senar putus dan kehilangan ikan selalu menjadi kemungkinan tertinggi. Selalu pastikan bahwa reel yang akan anda beli memiliki drag yang mulus, non-konstriktif. Senar harus tertarik keluar dengan mantap dan tanpa ragu-ragu pada keketatan yang anda set.

Ada dua jenis sistem drag tersedia pada spinning reel: drag depan dan belakang. Ini pada dasarnya merupakan lokasi kontrol drag, meskipun ada sejumlah perbedaan antara keduanya. Front sistem drag fitur umumnya lebih besar, dengan beberapa drag washer yang menawarkan peningkatan daya tahan dan kinerja dibandingkan dengan model drag belakang. Rear drag lebih mudah dikontrol untuk mengakses (terutama ketika pertempuran dengan ikan) namun tidak terlalu bagus untuk spesies ikan besar, tergantung kondisi target pemancing.

Untuk popping gunakan drag tinggi di atas 10 kg. Hal ini untuk mencegah ikan masuk ke dalam karang, di mana spot-spot popping yang akan kita jumpai biasanya merupakan karang atau batu mandi, baik di tengah laut maupun pinggiran pantai.

Memilih Ukuran / Size Untuk Reel Pancing
Memilih ukuran yang benar dari reel bisa menjadi membingungkan. Untuk sebagian besar aplikasi, sepuluh pound test line harus menjadi kekuatan dan ketebalan tertinggi yang ditaruh dalam spinning reel (ini tidak berlaku untuk ikan air asin atau skenario trolling berat). Semakin kecil line yang akan dipakai, semakin kecil reel yang akan digunakan. Pastikan bahwa reel yang akan Anda beli disamakan ratingnya dengan pound-test senar yang ingin Anda gunakan. (Informasi ini dapat ditemukan pada spool reel itu sendiri)

Misalkan untuk reel Shimano :

  • Untuk lightcasting bisa memilih dari ukuran 1000-4000 tergantung dari line yang akan dipakai.
  • Untuk surfcasting atau mancing di pinggir pantai bisa mulai dari ukuran 5000-8000 bahkan 10000 tergantung dari line yang akan dipakai. Juga ada spek yang khusus untuk surfcasting dengan ciri spool yang dangkal dan lebar.
  • Untuk light popping, jigging dan mancing dasar di laut bisa memilih ukuran 6000 sampai 10000.
  • Untuk heavy jigging dan popping gunakan kelas 12000-20000 tergantung kebutuhan.

Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing
Gear rasio mengacu pada berapa banyak putaran lengkap pada spool untuk membuat dengan tepat satu putaran handle. Sebuah contoh dari rasio roda gigi akan 3:1 – spool berputar tiga kali untuk setiap kali Anda memutar pegangan.

Ini dianggap putaran reel yang lambat krn tidak banyak senar yang diambil selama proses pemutaran. Manfaatnya adalah bahwa gulungan memberikan torsi lebih untuk mancing ikan besar. Sebuah rasio 6:1 dianggap kecepatan tinggi. Tergantung pada gaya memancing Anda, high, slow atau medium speed rate yang diperlukan.

Jika Anda hanya dapat memilih satu reel spinning, cobalah untuk memilih model kecepatan sedang (4 – 4.5:1). Namun, jika Anda mampu beli lebih dari satu reel, pilihlah yang high speed dan slow speed untuk mengcover semua keadaan. Untuk jigging dan mancing dasar biasanya menggunakan rasio di bawah 4,9:1 untuk popping dan casting gunakan rasio 5,0:1 ke atas.

Tipe Reel Pancing Yang Perlu Diketahui
Beberapa type reel menuliskan angka-angka 1000, 2000, 3000 hingga 20000 yang berarti kelas dari reel tersebut. Angka 1000 mengartikan bahwa reel tersebut berada pada kelas 1000gram/1 Kg dengan demikian drag maksimum yang dimiliki reel tersebut adalah 1 kg meskipun tidak semua reel demikian.

Drag adalah kemampuan reel menahan tarikan dari ikan, jika tarikan ikan melebihi drag maka spool reel akan berputar balik dan senar akan terulur keluar, sebaiknya jangan menyeting Drag sampai mati atau maksimal karena bisa merusak gear di dalam reel atau malah anda yang akan tercebur ke laut sebab tubuh anda yang jadi penahan.

Pentingnya Komponen Ball Bearing di Reel Pancing
Spinning reel dilengkapi ball bearing atau Bushings yang ditempatkan dalam badan untuk kelancaran, dukungan dan stabilitas. Kebanyakan spinning reel juga berisi bantalan roll dalam roller line. Lebih banyak ball bearing maka putarannya akan lebih halus. Sealed stainless steel bearing lebih disukai dari pada bushing untuk tambahan ketahan dan kontrol)

Pilih reel dengan ball bearing paling banyak bila anda mampu. Minimal, dapatkan reel dengan setidaknya empat ball bearing. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki reel yang tidak bekerja dengan baik, atau tidak halus pada waktu menggulung, jadi cobalah untuk tidak terlalu irit saat sampai ke bagian pembelian reel ini.

Anti-Reverse Handles Pada Reel Pancing
Anti-reverse handles adalah prasyarat ketika mencari spinning reel sempurna. Fungsi ini hanya berarti bahwa handle tidak akan berputar balik yang berarti bahwa set hook akan lebih kuat dan akurat karena kurangnya “main” di pegangan reel. Kalo masih ada putaran balik mendingan cari reel lainnya.

Spool Dalam Reel Pancing Anda
Spool pada spinning reel memainkan peran yang penting, tidak hanya untuk memegang senar, tetapi juga untuk jarak lemparan dan kehalusan. Kebanyakan spool saat ini ada di jenis aluminium anodized atau grafit; grafit akan menjadi lebih ringan dari dua bahan, meskipun spool aluminium akan menawarkan kekuatan yang lebih besar dan daya tahan.

Adapun jenis desain spool, ada dua gaya dasar : spool internal atau skirted spool. Spool internal adalah bagian dari masa lalu, meskipun beberapa produsen masih memiliki model yang tersedia untuk dijual; sederhana dalam desain, salah satu cacat adalah senar dapat menjadi tersangkut dalam housing reel tersebut. Variasi baru ini membantu dalam menghilangkan masalah tersebut.

Desain menarik lainnya adalah long cast spool. Banyak seperti namanya, spool ini lebih dangkal dari biasanya, tapi lebih panjang. Spool yang panjang mengurangi gesekan senar, sehingga meningkatkan jarak casting untuk pemancing.

2 thoughts on “Tips Memilih Reel

  1. PAPIULIFIRA

    saya mancingna cm di sungai untuk mancing hampala/ragalan/kremprung, reel yg dipakai jg asal coz gag tau speknya, cm yg aku tau kl ball bearingnya besar lbh mudah unt menaklukan ikan besar..di musim hujan ni kebiasaan kl hbs mancing tasnya di gletakin aja, mk bsknya ktk mau casting jebul riilnya macet kena karat :)
    reel yg tk mudah berkarat ada ndag ndan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>