Wire / Kawat

Wire / Kawat

Wire / Kawat

Umumnya kawat digunakan dalam memancing dengan sasaran ikan-ikan yang bergigi tajam, baik ikan air tawar maupun ikan laut. Kawat umumnya terbuat dari bahan stainless steel dan untuk pemakaiannya umumnya dipasangkan dengan kili-kili dan peniti. Untuk menyimpul kawat umumnya dipakai sleeve/klem dan dijepit dengan tang.

Jenis-jenis kawat
Kawat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

a. Kawat Stainless
Kawat yang tidak memiliki derat atau tunggal. Untuk ukuran, semakin besar nomornya diameter kawat semakin kecil. Terdapat dua jenis kawat stainless, yaitu: hard (kaku) dan soft (agak lentur).

b. Kawat lilitan dengan lapisan nilon
kawat yang memiliki serat dan dilapis dengan nilon, misalnya:

  • 7×1, yaitu kawat yang memiliki 7 serat yang dililit jadi satu dan dilapis dengan nilon dibagian luar kawat.
  • 7×3, yaitu kawat yang terdiri dari 3 lilitan, dimana setiap lilitan memiliki 7 serat, jadi jumlah keseluruhan serat adalah 21 dan dibagian luar kawat dilapis dengan nilon.

Umumnya kawat yang dilapis nilon agak kaku, dan dalam pemakaiannya jika lapisan nilon tersebut tergores batu karang atau gigi ikan, maka lilitan serat didalamnya kan keluar dan buyar. Selain itu jika air sampai masuk kedalam lapisan nilon, maka akan menyebabkan noda karat pada kawat, dimana noda karat itu tidak kelihatan dari luar dan jika karat tersebut dan jika karat tersebut semakin menyebar, maka kekuatan kawat menjadi lemah atau putus.

c. Kawat lilitan tanpa lapisan nilon
Kawat yang memiliki serat, tapi tidak dilapisi dengan nilon, misalnya: 7×7, yaitu kawat yang memiliki 49 serat, tapi dibagian luar kawat tidak dilapisi nilon.

Kemasan Kawat
Kawat ada yang dikemas dalam bentuk plastik spool dan paper card. ukuran kawat dimulai dari 8-200 lbs, dengan panjang +/- 5-10 m perkemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>